29 March 2016

Kunyit, Obat Herbal Untuk Sakit Maag

Sakit Maag

Sakit Maag adalah penyakit yang paling umum diderita oleh semua orang. Sakit maag disebut juga dengan gastritis merupakan penyakit pada pencernaan karena terjadinya pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. 

Sakit maag disebabkan karena makan tidak teratur, terlalu banyak makan pedas dan asam, minum minuman yang mengandung kafein, soda dan alcohol. Bisa juga disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur dan stress, dan merokok. Sakit maag ini ternyata tidak bisa sembuh total loh, namun bisa diantisipasi jika penderita makan secara teratur.
Sakit Maag

Gejala-gejala sakit maag adalah:
- Sakit saat buang air besar
- Mual dan muntah
- Sering merasa lapar
- Asam lambung naik sehingga perut kembung
- Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada 
- Sering bersedawa

Penyakit ini sendiri cukup familiar bagi keluarga saya, entah kenapa walaupun bukan penyakit keturunan tetapi masalah lambung merupakan penyakit yang diderita turun temurun oleh keluarga saya. Mulai dari nenek, mama dan kemudian saya, kami sama-sama bermasalah dengan lambung dan pencernaan. 

Dulu Nenek saya bisa sampai pingsan jika sakit maag ini menyerang. Sementara Mama, hingga sekarang harus makan tepat waktu dan pantangan makan-makanan yang mengandung gas seperti kopi dan kol, kalau tidak rasa perih akan menyerang dan bisa berhari-hari menghantui ulu hatinya. Dan saya, alhamdulillah masih belum separah Nenek dan Mama saya, tapi kalau sudah perih saya perlu bed rest seharian sambal perut ini di kompres. Perut ini rasanya perih sampai hampir sulit berdiri tegak dan berjalan.

Keluarga kami termasuk orang-orang yang suka pengobatan herbal daripada ke dokter. Walaupun sesekali perlu juga ke dokter jika membutuhkan pemeriksaan lanjutan. Tet api untuk pertolongan pertama kami biasa meminum ramuan herbal yang dibuat sendiri dirumah. Ramuan herbal yang kami minum biasanya terbuat dari kunyit. Ada 2 macam kunyit yang biasa kami gunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati sakit maag, yaitu:

Khasiat Kunyit Kuning
Kunyit Kuning

Khasiat Kunyit Putih
Kunyit Putih

1. Kunyit yang berwarna kuning, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur
2. Kunyit putih, sejenis umbi.

Kunyit kuning biasa digunakan sebagai langkah awal pengobatan, jadi misalnya sakit maag baru saja menyerang kita, maka biasanya mama akan membuat ramuan kunyit kuning terlebih dahulu. Baru kemudian jika dalam 2 atau 3 hari belum sembuh biasanya mama saya akan membuatkan ramuan kunyit putih. Jujur saja saya juga kurang paham kenapa mama saya melakukan tingkatan pengobatan seperti itu, namun kunyit tersebut sama-sama memiliki manfaat untuk pengobatan sakit maag. 

Ada beberapa kelebihan dari Kunyit putih yang tidak dimiliki oleh kunyit kuning yaitu sebagai pengendali gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya masalah seperti gejala kanker servik.

Kunyit memiliki senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmitoksikurmunin, dan zat bermanfaat lainnya seperti lemak dan kandungan minyak atsiri.

Cara membuat ramuan kunyit baik yang kuning maupun putih adalah sebagai berikut:

- Ambil beberapa buah kunyit (2-3 buah)
- Kupas dan bersihkan hingga bersih
- Parut kunyit dan kemudian peras
- Minum perasan air kunyit tersebut pada pagi dan sore

Ramuan kunyit ini khususnya kunyit putih tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, karena bisa membahayakan janin. Sebaiknya tidak di minum bersamaan dengan obat dari dokter karena akan mempengaruhi efektifitas obat yang diberikan oleh dokter. Meminum ramuan kunyit putih juga bisa memberikan efek samping yaitu penurunan gula darah. Jadi perlu diingat juga, jangan minum ramuan ini terlalu banyak. Cukup diminum pagi dan sore saja.

Bagaimana, apakah kamu berminat mencoba ramuan herbal yang berasal dari harta kekayaan alam Indonesia?Sakit Maag adalah penyakit yang paling umum diderita oleh semua orang. Sakit maag disebut juga dengan gastritis merupakan penyakit pada pencernaan karena terjadinya pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. 

Sakit maag disebabkan karena makan tidak teratur, terlalu banyak makan pedas dan asam, minum minuman yang mengandung kafein, soda dan alcohol. Bisa juga disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur dan stress, dan merokok. Sakit maag ini ternyata tidak bisa sembuh total loh, namun bisa diantisipasi jika penderita makan secara teratur. 

Gejala-gejala sakit maag adalah: 
- Sakit saat buang air besar 
- Mual dan muntah 
- Sering merasa lapar 
- Asam lambung naik sehingga perut kembung 
- Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada 
- Sering bersedawa 

Penyakit ini sendiri cukup familiar bagi keluarga saya, entah kenapa walaupun bukan penyakit keturunan tetapi masalah lambung merupakan penyakit yang diderita turun temurun oleh keluarga saya. Mulai dari nenek, mama dan kemudian saya, kami sama-sama bermasalah dengan lambung dan pencernaan. 

Dulu Nenek saya bisa sampai pingsan jika sakit maag ini menyerang. Sementara Mama, hingga sekarang harus makan tepat waktu dan pantangan makan-makanan yang mengandung gas seperti kopi dan kol, kalau tidak rasa perih akan menyerang dan bisa berhari-hari menghantui ulu hatinya. Dan saya, alhamdulillah masih belum separah Nenek dan Mama saya, tapi kalau sudah perih saya perlu bed rest seharian sambal perut ini di kompres. Perut ini rasanya perih sampai hampir sulit berdiri tegak dan berjalan. 

Keluarga kami termasuk orang-orang yang suka pengobatan herbal daripada ke dokter. Walaupun sesekali perlu juga ke dokter jika membutuhkan pemeriksaan lanjutan. Tet api untuk pertolongan pertama kami biasa meminum ramuan herbal yang dibuat sendiri dirumah. Ramuan herbal yang kami minum biasanya terbuat dari kunyit. Ada 2 macam kunyit yang biasa kami gunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati sakit maag, yaitu: 

1. Kunyit yang berwarna kuning, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur 
2. Kunyit putih, sejenis umbi. 

Kunyit kuning biasa digunakan sebagai langkah awal pengobatan, jadi misalnya sakit maag baru saja menyerang kita, maka biasanya mama akan membuat ramuan kunyit kuning terlebih dahulu. Baru kemudian jika dalam 2 atau 3 hari belum sembuh biasanya mama saya akan membuatkan ramuan kunyit putih. Jujur saja saya juga kurang paham kenapa mama saya melakukan tingkatan pengobatan seperti itu, namun kunyit tersebut sama-sama memiliki manfaat untuk pengobatan sakit maag. 

Aada beberapa kelebihan dari Kunyit putih yang tidak dimiliki oleh kunyit kuning yaitu sebagai pengendali gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya masalah seperti gejala kanker servik. 

Kunyit memiliki senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmitoksikurmunin, dan zat bermanfaat lainnya seperti lemak dan kandungan minyak atsiri. 

Cara membuat ramuan kunyit baik yang kuning maupun putih adalah sebagai berikut: 
- Ambil beberapa buah kunyit (2-3 buah) 
- Kupas dan bersihkan hingga bersih 
- Parut kunyit dan kemudian peras 
- Minum perasan air kunyit tersebut pada pagi dan sore 

Ramuan kunyit ini khususnya kunyit putih tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, karena bisa membahayakan janin. Sebaiknya tidak di minum bersamaan dengan obat dari dokter karena akan mempengaruhi efektifitas obat yang diberikan oleh dokter. Meminum ramuan kunyit putih juga bisa memberikan efek samping yaitu penurunan gula darah. Jadi perlu diingat juga, jangan minum ramuan ini terlalu banyak. Cukup diminum pagi dan sore saja. 

Bagaimana, apakah kamu berminat mencoba ramuan herbal yang berasal dari harta kekayaan alam Indonesia?





*Sumber Refrensi
http://manfaat.co.id/ - diakses tanggal 28 Maret 2016
http://wikipedia.com/ - diakses tanggal 28 Maret 2016


*Gambar:
http://penyakitmaag.net/
http://www.katasiputri.com/
http://saransehat.com/
https://farm1.staticflickr.com/

18 comments:

  1. Ternyata bahan dapur seperti kunyit juga dapat di gunakan untuk sakit maag, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak bahan dapur yang bisa dipake mas imam.

      Delete
  2. saya baru tahu kalo kunyit bisa menyembuhkan sakit maag Mbak, nanti saya cobain untuk mama saya deh karena kebetulan mama saya penderita maag akut..

    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah agak parah pake yang kunyit putih mba, mama juga gitu soalnya

      Delete
  3. Kunyit putih itu katanya bagus jg buat pengobatan kanker, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang mba....banyak banget manfaatnya

      Delete
  4. eh kirain kunyit buat kalo lagi dapet aja, ternyata bisa buat obat maag ya..

    TFS Desss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba Zata, semoga bermanfaat ya...

      Delete
  5. Wah ini... Kunyit juga top sebagai antiseptic.. Manfaatnya banyak ya.. Makasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku justru baru tau kalau bisa jadi antiseptic. Makasih informasinya.

      Delete
  6. saya biasanya minum kunyit asem kalau lagi dapet aja... ternyata bisa untuk maag juga ya...

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalo kunyit bisa untuk obat maag juga. Selama ini cuma pake kunyit putih untuk campuran masakan aja. Jadi dapet info baru lagi ni. TFS, Des.

    ReplyDelete
  8. Kunyit ini wajib banget ada di rumah. Entah untuk bumbu atau jamu. Yang rajin bikin jamu simbah ku..

    ReplyDelete
  9. Banyak manfaat ketika ita sering minum kunir asem

    ReplyDelete
  10. Obat ternyata bisa didpt dr dapur ya mak. Cobain ah :)

    ReplyDelete
  11. baru tau kalo kunyit bisa dipake obat maag, biasanya aku lgsg minum obat yg dijual bebas :D
    aku taunya kunyit buat penambah nafsu makan

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...