Quality Time Bersama Si Kecil




Berhubung hari ini adalah hari Ibu, jadi postingan saya berikut ini masih akan membahas tentang peran Ibu. Kalau sebelumnya disini saya membahas tentang ibu dan teknologi. Kali ini saya akan membahas tentang Quality Time Ibu bersama keluarga khususnya si kecil. Kalau ibu-ibu, biasanya apa sih yang dilakukan untuk membangun waktu-waktu berkualitas bersama si kecil?. Kalau saya biasanya jalan-jalan di taman, melukis atau mewarnai dan tidak jauh-jauh pasti ujung-ujungnya pergi ke mall. Kayanya klasik banget ya aktifitas nya. Butuh ide lain nih, aktifitas apalagi sih yang berkualitas untuk bisa dilakukan bersama Naeema, apalagi di musim liburan seperti sekarang ini.

17 Desember 2015 kemarin saya hadir di acara Philips Mother Day Cooking Class yang diselenggarakan di Hotel Pullman Thamrin. Bagi Philips, Ibu selalu menjadi fokus mereka dalam mengembangkan inovasi. Karena itulah tujuan acara memasak ini, selain merayakan hari Ibu juga dimaksudkan untuk mengingatkan dan menghimbau kepada para Ibu untuk selalu dapat memberikan nutrisi yang terbaik untuk keluarga. Para Ibu dianggap sebagai KOL (Key Opinion Leader) dalam rumah tangga yang menentukan kesehatan keluarganya. Kalau bukan Ibu yang menyajikan makanan sehat, lalu siapa lagi?. Acara pagi itu menampilkan Bapak Bondan Winarno, Chef Yuda Bustara dan Marketing Manager dari Philips yaitu Ibu Maria.

Ki-Ka: Chef Yuda, Ibu Maria, Pak Bonda, MC
Dari sinilah kemudian saya mendapatkan referensi kegiatan dari Pak Bondan tentang kegiatan yang bisa dilakukan bersama si kecil. Apakah itu....? Kegiatan berkualitas itu adalah mengajak anak ikut terlibat dalam menyiapkan makanan sehat dirumah. Asiknya Pak Bondan memberikan tips-tips untuk kita agar dapat melaksanakan kegiatan memasak bersama anak, ini dia tips nya:
Sebuah penelitian dari suatu Universitas di Kanada mengungkapkan bahwa anak-anak yang diajak terlibat dalam kegiatan memasak dirumah maka ada kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu dengan keterlibatan anak-anak dalam kegiatan rumah tangga juga bisa membuat mereka lebih percaya diri karena merasa telah melakukan pencapaian tertentu. Jadi jangan ragu untuk mengajak anak masuk ke dapur ya.

Inspirasi membuat makanan sehat juga saya dapatkan di acara ini.  Disini saya jadi tahu bahwa ternyata nasi itu bukan hanya dimakan sebagai menu pokok atau hanya diolah menjadi nasi goreng. Akhh....itu sih saya aja yang gak kreatif. 

Pagi itu, Chef Yuda Bustara mempraktekkan 4 menu yang diolah dari nasi.  Sesi masak pun dimulai. Entah karena dia seorang Chef atau peralatan masak Philips yang sudah canggih, kenapa rasanya masak menjadi mudah kelihatannya pagi itu. Menu yang dimasak Chef Yuda pagi itu adalah:
1. Nasi Kuning; 2. Puding Nasi; 3. Burger Nasi; 4. Ayam Teriyaki

Menu-menu yang dibuat Chef Yuda diatas itu mudah kan?. Anak kita juga bisa ikut terlibat loh, sekedar mencincang sayuran, mencetak nasi menjadi bentuk roti burger, atau mengaduk. Dengan aktivitas seperti ini bisa lebih mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak serta mengenalkan mereka akan makanan sehat dan bergizi. Kalau sudah begini, hari-hari tidak makan sayur mungkin sudah tak ada lagi. 

Selamat mencoba ya ibu-ibu. Selamat Hari Ibu, tetap bersinar dan cemerlang untuk keluarga tercinta.