19 April 2015

Review: An Ojek For Every Need (GoJek)

Ojek atau ojeg adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda, namun lebih lazim berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan sopirnya dahulu setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. (Sumber: Wikipedia).
Belakangan ini marak terlihat para supir ojek berseragam Hijau dengan tulisan GoJek lengkap dengan helm nya, terlihat sangat eye-cathcing.  Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah; Apakah  GoJek merupayakn komunitas ojek, perusahaan pengelola ojek macam taksi atau hanya seragam pangkalan saja? Masyarakat umum beranggapan GoJek adalah tukang ojek mangkal disekitaran Jakarta, atau suatu perusahaan yang mengelola ojek secara profesional. Padahal sebenarnya GoJek adalah suatu perusahaan yang membuat aplikasi smartphone, dimana aplikasi tersebut berguna untuk menjadi perantara antara pengguna ojek dan tukang ojek itu sendiri. Uniknya Gojek ini melakukan perekrutan untuk para supir ojek yang bersedia menjadi Gojek. Supir ojek direkrut, diinterview, dilakukan validasi tempat tinggal dan data pribadi lainnya,  difoto untuk dijadikan profile di aplikasi dan diberikan fasilitas smartphone sebagai fasilitas tambahan.

Pada Januari 2015 member Gojek telah mencapai 1600an pengemudi ojek yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.  Dan di Maret 2015 berdasarkan keterangan Nadim Makarim (Founder GoJek)  di acara Hitam Putih Trans7, member GoJek meningkat menjadi 3300an pengemudi.  Wow....luar biasa. Nadim Makariem  (Founder GoJek) menyatakan bahwa dengan menjadi bagian dari GoJek bisa meningkatkan penghasilan para supir ojek. Hal ini dibenarkan oleh beberapa orang supir Ojek yang pernah saya  konfirmasi tentang hal  ini.  Karena tidak hanya  mengantar orang/ customer, dengan aplikasi GoJek ini supir Ojek benar-benar dimaksimallan fungsinya. Tentu saja dengan kendali dari GOJek transaksi menjadi lebih aman.

Menu Utama Aplikasi GoJek

Mari kita bahas tentang layanan  yang ada di aplikasi GoJek:

1. Instant courier. Gojek bisa dimanfaatkan sebagai pengantar barang secara "real time". Biaya yang dibayar tentu saja sesuai dengan jarak tempuh yang secara otomatis sudah tertera di aplikasi. Baik dokumen maupun barang bisa diantar. Dengan catatan untuk barang yang akan dikirimkan tidak boleh melebihi dari pada jarak stang motor dan tinggi pengemudi.

2. Transportation. Sudah pasti ini fungsi utamanya, mengantar kemana pun tujuan kita. Dengan tarif yang masih masuk akal.

3. Go-Food. Dengan layanan ini kita bisa order makanan di restoran favorit kita tanpa harus pergi kesana. Tinggal order kasih tau saja di aplikasi restoran yang kita maksud dan menu apa saja yang kita mau order. Bahkan didalam layanan ini sudah ada jenis-jenis makanan yang direkomendasikan loh.

Layanan Go Food
4. Shopping. Ini yang paling kece menurut saya. Kita bisa minta tolong ke Gojek untuk melakukan belanja di swalayan dengan detail barang-barang yang kita mau.

Untuk layanan 3 & 4 jumlah pembelanjaan tidak lebih dari 1 juta Saya sendiri baru menggunakan GoJek untuk layanan 1 & 2 saja, dan sejauh ini puas dengan pelayanannya. Dengan aplikasi ini kita bisa mengontrol Supir nya sudah sampai mana, bahkan dengan estimisi berapa menit Supir Ojek tersebut bisa sampai ke tempat tujuan. Dan notifikasi kepuasan kita terhadap pelayanan Supir Ojek tersebut sehingga semua tetap terkontrol.

Aplikasi Gojek membuat para ojek menjadi lebih terintegrasi dan lebih bisa dipercaya. Untuk saya sendiri sebagai pelanggan juga merasa lebih nyaman. Bukan saya saja yang langganan Gojek, kantor saya juga langganan karena bisa mnyediakan struk atau invoice sehingga jika perlu untuk di klaim kekantor bisa lebih terpercaya. 

Perlu diperhatikan adalah Anda menggunakan Gojek jika anda melakukan order via aplikasi, sedangkan jika Anda stop Supir Ojek yang menggunakan jaket Gojek dipinggir jalan berarti anda tidak menggunakan Gojek. Jadi diingat yah, jangan sampai salah.

Saya sendiri appreciate  dengan adanya aplikasi ini. Membuat Bapak-Bapak Supir Ojek menjadi lebih "kekinian" bahasa jaman sekarangnya, lebih sadar akan teknologi dan berkembang dengan jaman. Sehingga kedepannya InsyaAllah bisa membuat mereka lebih kreatif dalam mencari nafkah dan tentu saja lebih mengedepankan pelayanan yang maksimal.

Oh iya, Gojek juga punya program untuk pelanggan seperti kita loh. Jika kamu sudah download aplikasinya, masukkan kode refferal dari teman kamu sebelum kami melakukan order pertama kali, maka kamu akan dapat credit Rp. 50.000 dan bagi kamu yang kode nya dipakai juga bisa dapat credit Rp. 50.000, seru kan. Rajin-rajin cek credit wallet deh, siapa tau credit kamu bertambah karena refferal code kamu sudah digunakan oleh orang lain. Lumayan kan.

Credit yang diperoleh karena membagikan Refferal Code

1 comment:

  1. Oooh... modelnya kayak gini ya si Gojek yang delivery makanan. Jadi pengen nyoba haha..
    Dessy apakabar.. aku lagi ngubek2 blogroll lamaku ketemu kamu :)

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...