13 January 2015

Dari Hobi Menjadi Profesi

Aktivitas saya  di dunia diari elektronik maya ini (baca:blog) sudah berlangsung sejak 2007 lalu. Dari mulai cara menulis dengan gaya seadanya. Menggunakan icon-icon alay dan warna-warni sampai dengan mengganti layout yang aji gile ngejrengnya. Dari yang rajin menulis kehidupan sehari-hari, sampai dengan hiatus (ciee bahasanya kan tuh g nahan). Dari yang ke hal-hal penting sampai ke yang ga penting sekalipun. Blog saya gunakan sebagai pengganti diary konvensional yang selama ini saya sudah tulis sejak belia.
Hari ke hari sampai dengan saat ini nge-blog masih saya jalani. Kebutuhan pun bergeser, dari sekedar nulis, hobi, kepengen eksist dan sekarang ingin menjadi profesi. 

Ini nyambung dengan mimpi saya menjadi Productive Mother From Home. Sejak menjadi wanita career bukan lagi impian saya melainkan menjadi produktif dari rumah rasanya dengan menjadi blogger bisa menjadi salah satu usaha saya mewujudkan hal itu. Melihat teman-teman blog yang memulai nge-blog tidak lebih dulu dari saya tetapi sudah lebih dulu sukses sebagai blogger rasanya koe "iri". Iri dalam artian; mereka bisa maksimal dengan fokus kepada hobi mereka. Kenapa saya tidak? 

Sejak Maret 2014 saya mulai melek kembali dan mendalami soal blog. Mulai bersosialisasi dengan blogger-blogger, aktif di komunitas, dan belajar bagaimana itu digital marketing. Saya melatih kemampuan menulis saya, belajar bagaiman mereportase dan bagaimana menampilkan suatu bacaan yang tidak hanya menarik untuk saya tetapi juga untuk yang membacanya. Saya semakin haus dengan kegiatan-kegiatan yang bisa mengasah kemampuan saya.

Di komunitas KEB, saya mengetahui ada kegiatan sharing ilmu ini.

Sumber: FB Fanspage DigitalActive

FUN BLOGGING: Dari Hobi Menjadi Profesi. Narasumbernya, sudah tentu saya mengenal mereka dari beberapa kegiatan yang diadakan oleh KEB sebelumnya. Narasumber tersebut yang setiap kali saya baca blog mereka selalu membayangkan bisa seperti mereka. Tidak perlu punya kegiatan rutin dikantor tetapi tetap produktif. Bahkan mungkin lebih berwarna hidupnya dibanding saya. Mungkin loh ya...mungkin.

Pada saat Batch Pertama acara ini dilaksanakan kebetulan acaranya bentrok dengan acara keluarga sehingga saya tidak bisa langsung mendaftar. Kemudian Batch Ke 2, saya merupakan peserta yang kurang beruntung karena begitu lihat banner nya ternyata seatnya sudah penuh. Kasian sekali saya ini.....*menangis di ujung tempat tidur. Dan ketika bertemu dengan Mak Shinta disatu acara blogger, dengan sengaja saya bilang "kabari saya mak, kalo acaranya jalan lagi yah". Dan Alhamdulilah Mak Shinta mengingat saya. Rejeki saya pun mendapat ilmu ini di Batch Ke 3. 

10 Januari 2015, saya hadir di Gedung Cyber 1 Lantai 3 tepatnya dikantor Qwords.com yang menjadi sponsor acara Fun Blogging hari itu. Alhamdulillah tiba sebelum acara dimulai. Di depan kelas langsung disambut oleh Mak Shintaries yang kebetulan menjadi narasumber hari itu. Sekitar jam 9:30 kelas Fun Blogging pun dimulai. 

Acara dibuka oleh Mak Haya sebagai narasumber pertama yang akan menyampaikan materi hari itu. Materi Mak Haya lebih berfokus pada penyajian kontent yang merupakan jiwa dari suatu blog. Memberikan sesuatu hal yang informatif itu perlu diperhatikan jika blog kita ingin dilirik oleh pembaca. Kemudian hal-hal detail lain mulai dari EYD, tanda baca bahkan sampai ke warna tampilan blog, Hari itu Mak Haya benar-benar mengobral ilmu ke peserta. Membuat selalu bilang oohh, yaa, ah itu saya disetiap teori yang disampaikan. Jadi malu kalau selama ini masih banyak salahnya. But at least i learn from my mistaken.

Setelah perut terisi materi mulai beranjak ke yang lebih berat lagi. Kali ini Mak Shintaries membahas soal mesin. Apalagi kalau bukan mesin google alias google analytic. Ternyata si mesin itu juga perlu di goda supaya tertarik untuk membaca blog kita. Wow...awesome kan?. Di sesi ini saya mulai pusing, memang bener harus dipraktekkan langsung nih. Ini sangat perlu diperhatikan supaya bisa "jual diri". Sedikit banyak pernah tau hal-hal begini waktu gabung di salah satu e-commerce beberapa bulan yang lalu. Makanya saya penasaran banget sama si mesin ini. Jadi kepengen tau juga bagaimana cara "Flirting" sama Om Google. Lanjut langsung praktek dirumah ini harusnya.

Sesi terakhir adalah sesi nya Mak Ani Berta. Disini Mak Ani benar-benar buka-bukaan rahasia dapurnya. Bagaimana bisa menghasilkan dari hobinya yang suka nge-blog, main twitter dan sosial media lainnya. Dan kemudian yang saya tangkap dari materinya adalah bahwa silaturahmi itu pasti membawa rejeki sekecil apapun. Bahwa menjaga hubungan baik kepada siapa saja pasti membuahkan hasil. Jangan pamrih, insyaallah rejeki akan datang dengan sendirinya. Dan saya setuju sekali dengan apa yang Mak Ani sampaikan. Dan banyak lagi rahasia-rahasia lain yang di sampaikan di Fun Blogging Batch 3 kemarin. 

Banyak sponsor di acara itu juga membuat saya percaya apa yang disampaikan oleh 3 narasumber itu, bahwa yang disampaikan bukanlah hanya teori belaka tetapi juga Best Practice  yang sudah dijalankan berulang kali oleh mereka. Dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang sudah dijalankan dan menjadi pengalaman. 

Foto Dari Mak Shintaries
Banyak bertemu dengan blogger lain juga menjadi nilai tambah. Langsung mempraktekkan yang namanya memperluas networking langsung ditempat itu sungguh luar biasa. Mudah-mudahan akan ada materi-materi Fun Blogging lainnya. Tempat dimana bisa di-upgrade lagi ilmunya, mungkin bisa sekalian jobnya, amin.

Dan kemudian saya pun bisa semakin percaya diri menjadikan blog sebagai profesi saya. Dan besok mulai design kartu nama ahhh, hehehehe.

14 comments:

  1. Desi ikut sesi ke-3 ya . good luck ya lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak, dirimu kemarin menang kan hihihi jadi maluu

      Delete
  2. Hobi memang menyenangkan, namun jika HOBI ditekuni dengan serius dan sungguh sungguh bisa mendatangkan uang. Asyikan, Kesenangan dapat, finansial pun bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah-mudahan impian ini bisa terwujud.....doain ya

      Delete
  3. Saya belum pernah datang ke acara acara seperti ini nih mbak. karena posisi diluar kota, jadi banyak sekali pertimbangan. Padahal maauu banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali disempetin mak....buat refreshing sekalian boleh juga loh.
      Aku juga ga sering-sering padahal banyak acara di Jakarta.

      Delete
  4. Seru banget acaranya Mak :D Sayang saya kelewatan hehehe. Semoga nanti kita bisa ketemuan di acara serupa ya.

    ReplyDelete
  5. Mantap nih ulasannya. Makin semangat ngeblognya ya he he he

    ReplyDelete
  6. hiks, aku kelewatan BANGET mbak T_T
    btw, kita waktu pulang 1 keretaaaa.. hehehe

    ReplyDelete
  7. Selamat ya mak.Tulisannya jadi juara nih.

    ReplyDelete
  8. Selamat ya mak.Tulisannya jadi juara nih

    ReplyDelete
  9. Reportasenya oke banget! Salam kenal ya Mbak Dessy!^^

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...