03 September 2014

#MozKopdarJKT

Jumat, 29 Agustus 2014 yang lalu saya berkesempatan menghadiri undangan yang disebar melalui Makmin KEB ke acara kopdarnya Mozilla. Kenapa alasan saya datang, karena saya adalah pengguna Mozilla, harapannya sih siapa tau yah, bisa dapat info-info penting mengenai Mozilla. Karena bisa dibilang selama ini penggunaan Mozilla saya belum maksimal sekali. Ini beda tipis antara tidak mau eksplore, kudet alias kurang update plus memang kurang paham.

6:45 WIB saya tiba di Cafe Eatology di daerah sabang. Padatnya jalan raya apalagi sabang membuat saya telat 15 dari ekspektasi ketibaan saya disana. Untung acara belum dimulai. Tapi sudah mulai ada interaksi antara Mozillian dan peserta yang kebanyakan mahasiswa semua.

Oh iya Mozilla itu ternyata suatu wadah non-profit yang berpusat di USA, yang mengajak kita untuk lebih “aware” dengan internet. Dikenal melalui layanan browsernya yang membantu kita untuk terkoneksi dari satu situs ke situs yang lain. Mozilla Firefox yang umum kita kenal merupakan layanan yang serupa dengan Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dsb. Kalau saya sendiri paling Cuma familiar dengan 3 browser itu aja. Sementara yang jadi favorit selama ini adalah Mozilla. Alasannya, saya menggunakan Mozilla apalagi selain tidak lemot dan saya suka sama lambangnya, sungguh ini alasan tidak penting ^_^.

Ternyata banyak banget loh volunteer Mozilla diseluruh dunia, mereka biasa disebut dengan Mozillian. Keren kan??. Tidak hanya mahasiswa IT, masyarakat umum pun ternyata bisa juga jadi Mozillian. Caranya? Gampang banget, mau dengan cara terdaftar atau tidak? Kalau tidak mau terdaftar hanya dengan menggunakan Mozilla kamu sudah bisa disebut dengan Mozillian. Dan kalau mau terdaftar, kamu bisa daftarkan diri kamu disini , daftarkan dirimu kamu disana dan kamu bisa berkontribusi bersama Mozilla.

Acara pada hari itu ikut dihadiri oleh perwakilan dari Mozilla nya langsung, yaitu Mr. Gen Kanai dari Mozilla Jepang dan Michelle Thorne dari Mozilla Jerman. Konsep acara dibuat per group dan moving, jadi kita dibagi menjadi 6 kelompok yang akan diberikan waktu selama kurang lebih 5 menit untuk mendengarkan penjelasan mengenai layanan Mozilla dan kegiatan-kegiatan dari Para Mozillian. Kelompok itu terdiri dari:

1. How I contribute in Mozilla:
Menjelaskan tentang bagaimana kita sebagai orang awam ikut berkontribusi bersama dengan Mozilla. Menggunakan Mozilla saat kegiatan kita berinternet sehari-hari juga sudah bisa dikatan berkontribusi loh.

2. L10N (Localization):
Disini membahas soal bagaimana setiap mozillian yang memiliki kemampuan terhadap Bahasa bisa berkontribusi dalam hal mentranslate situs-situs yang ditemukan oleh Mozilla menjadi Bahasa local. Bahkan sudah ada Mozillian yang berkontribusi dalam Bahasa jawa dan sunda, keren kan.

3.Firefox Student Ambasador
Ini khusus bagi mahasiswa yang bernaung dalam suatu Perguruan Tinggi. Keuntungannya jadi FSA ini, kita bisa mengajukan proposal untuk membuat suatu acara (kuliah umum, seminar dsb) baik acaranya besar atau kecil, Mozillian yang ekspert di bidangkanya masing-masing dengan senang hati akan membantu. Jadi bisa sharing ilmu juga kan. Networking pun bertambah. Dan FSA ini bisa untuk mahasiswa jurusan apa saja.

4. Mozilla OS
Nah ini yang paling menarik buat saya. Mozilla OS ini berupa handphone yang berbasis web. Aneh kan…penasaran kan? Sayang produknya belum launch di Indonesia, kabarnya sedang dalam proses perijinan untuk edar di Indonesia, dah harganya lebih murah. Semoga saja yah.



5. Womoz
Ini merupakan sub komunitas di Mozilla yang khusus untuk kaum perempuan. Ala ala Women Optimizer gitu deh. Kontribusinya bisa macam-macam juga. Mulai dari edukasi, amal, dsb.

6.  Web maker
Nah ini yang paling menarik buat saya. Di fitur Mozilla yang ini kita bisa membuat web kita sendiri dan Bahasa html nya lebih mudah dipahami apalagi buat para pemula. Kemarin sih Cuma dikasih liat overview nya sedikit aja. Selain itu juga ada yang namanya maker party. Ini seru banget deh. Karena hanya dikasih 5 menit untuk memberikan penjelasan, jadi Michelle yang jadi narasumber saat itu tidak bisa menjelaskan secara detail. Untuk tahu lebih detail bisa klik link webmaker ini.

Datang ke kopdar Mozillian ini bikin saya lebih melek tentang tekhnologi dan berasa jadi anak IT, hahaha.


Begitulah cerita saya memasuki awal weekend kemarin, bertemu para Mozillian ^_^.

3 comments:

  1. hiks.. paket inet baru diaktifkan waktu itu sudah telat, acara baru saja selesai... :(

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...