Kembang Goyang


Sudah tahu kan apa nama dari makanan diatas. Eh gambar diatas itu makanan loh ya, bukan hiasan meja, walaupun saya taruh diatas meja untuk saya abadikan gambarnya.
Kembang Goyang....itu nama makanan ringan khas Betawi. Ya...sebagai orang Betawi saya pasti suka makanan itu. Renyah, Gurih, tidak terlalu manis dan bikin ketagihan. Kalau diolah dengan baik dan benar oleh yang ahli maka makanan ringan ini sungguh menggoda selera. Membuat yang memakannya tak mau berhenti. Lagi...Lagi...Lagi...dan Lagi.
Di keluarga saya sendiri, kalau ada acara-acara kebesaran (Baca: Lamaran atau Pernikahan) kembang goyang selalu kami sertakan sebagai makanan hantaran kembali ke besan. Kami sajikan dengan kaleng kerupuk yang memang "ngampung" abis. Kemarin Ade, sahabat saya tiba-tiba bbm dan bilang kalau kepingin kembang goyang.  Setelah ber-bbm an ria akhirnya kita memutuskan untuk urunan mesen si kembang goyang ke ibu dari Tante saya. Maklum beliau memang Betawi Ps Minggu yang dulu ketika muda masih suka produksi dodol Ps. Minggu yang terkenal itu dan penganan Betawi lainnya (hmm kangen banget masa itu). Karena beliau juga saya jadi suka Kembang Goyang. Kembali ke cerita awal, jadi karena ngidamnya Ade tersebut saya jadi punya Kembang Goyang tanpa ada embel-embel acara besar dirumah.

Berikut ini resep Kembang Goyang yang saya ambil dari Info Resep :



  • 125 gram tepung beras
  • 25 gram kelapa kering, dihaluskan
  • 25 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • minyak untuk menggoreng

  • Cara membuat Kue Kembang Goyang :
    1. Aduk semua bahan sampai rata.
    2. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
    3. Celup cetakan ke adonan. Masukkan dalam minyak sambil digoyang-goyang sampai kue terlepas.
    4. Goreng sampai matang dan kering. Dinginkan.
    5. Sajikan.
    Proses pembuatannya sendiri cukup membosankan karena harus merendam cetakan yang sudah ada adonan ke dalam wajan yang berisi minyak panas satu per satu. Hmm...kira-kira kalau saya belajar membuat sendiri bisa sabar ga ya.....??
    Nah, Kalau Cetakan Kembang Goyang yang seperti ini ni:

    Kebayangkan ya, bagaimana membuatnya. Mau coba? Yuk datang kerumah, ditemani teh manis hangat pasti yummy.....Oh iya, kalau penasaran dengan proses pembuatannya bisa silakan tanya Om Google ya.

    Labels: