25 October 2012

Cbeebies untuk Naeema

Sejak usia 1tahunan Naeema selalu disuguhkan dengan tayangan-tayangan di stasiun TV Cbeebies, Naeema tidak terlalu suka liat kartun selain Upin&Ipin dan Spongebob. Lebih tertarik melihat anak-anak kecil, bayi...yang lebih real deh. Menurut ku TV itu cukup ideal, ada latihan motorik...kognitif dan bahasa (kalau yang ini baru akhir-akhir ini Naeema suka meniru). Memang sih menonton TV tidak bagus untuk anak-anak jika terlalu banyak. Masih kami kombinasikan dengan kegiatan lain, tapi tiap kali dirumah selalu minta Cbeebies.

Tayangan-tayangan disana menurut ku cukup membantu dan memberikan inspirasi bagiku. Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan dengan fun dan mengedukasi. Tayangan-tayangan kesukaan Naeema itu ada beberapa tipe, yaitu:
1. Waybulo: dari tontonan ini ada kombinasi antara kartun Waybulo dan interaksi dengan anak-anak. Ceria, tertawa...kemudian yang akhir-akhir ini sering ditirunya adalah Yoga. Dulu saya yang mengajak dia untuk meniru gerakannya. Sekarang dia tiru sendiri gerakan yoga tersebut. Well...dari tontonan ini melatih otot motorik kasarnya. Naeema jadi lebih lentur.

2.Mister Maker: bintang utamanya sudah pasti mister maker. Sesuai dengan nama nya mister maker ini selalu memberikan tutorial membuat mainan-mainan dengan barang bekas atau bahan-bahan murah yang mudah didsapat dalam waktu 1 menit. Tayangan ini sendiri berguna bagi unda untuk membuat kreasi-kreasi mainan yang murah meriah. Sedangkan Naeema diharapkan dengan sering melihat akan membiasakan diri untuk berkreasi dan menjadi kreatif di masa depan.

3. Tele Tubbies: Ini sih kesukaan Naeema dari bayi. Suka dengan montoknya kali ya. Diluar dari kontroversi tele tubbies tayangan ini di luar negeri sana dari jaman dulu, menurut saya tayangan ini juga cukup menghibur. Dari tayangan ini, Naeema belajar kalimat big Hug yang selalu dibarengi dengan berpelukan.

4. I Can Cook: Ini juga seru nih. Metode pengajaran berbasis montesori. Dimana anak diajarkan untuk mencoba sendiri kegiatan memasak. Kalo kita ibu-ibu kan suka nya ngelarang kalo anak-anak mau ikutan memasak. Tapi di tontonan ini anak malah diajak untuk memasak makanan simple yang nantinya akan dimakan bersama. Tontonan ini juga cukup menginspirasi bagi saya. Menciptakan kegiatan belajar yang bisa dilakukan dirumah. Sekarang Naeema suka memoles mentega dan meses sendiri ke roti nya, tentu saja hal ini dilakukan bersama-sama dengan Unda.

5. Neuron.....(Nama jelas acaranya saya lupa...terlalu panjang): Kalau tontonan ini lebih ke bidang IPTEK. Agak berat memang untuk anak seumur Naeema. Kalau dulu dia selalu cuek kalau ada tayangan itu tapi sekarang berbeda. Naeema kini sudah perhatian pada tayangan ini. Masih melihat dan memperhatian walau masih naik turun inginnya. Mungkin, Naeema sudah mulai tertarik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) kali ya??.

6. Boogie Beebies: ini nih...tayangan untuk olah raga. Yang dikemas dalam bentuk cerita. Seru sih...bikin anak aktif meniru gerakan dan sekaligus olah raga. Walaupun mood nya belum tentu sama hehehe.

Itu lah program-program TV Cbeebies favorit Naeema. Setiap hari walaupun berulang tetap saja ditonton, dan kadang eyangmami jadi BT karena jatah nonton film-film actionnya selalu terganggu. Hihihihi.....

Tapi yah...sebaiknya memang anak yang menonton TV itu perlu didampingi, agar kalau ada yang kurang berkenan bisa langsung diluruskan sesuai dengan norma nya. Menurut saya tayangan TV cbeebies ini cukup membantu dan meng-edukasi dibandingkan dengan TV-TV Lokal yang menampilkan sinetron-sinetron anak yang berlebihan dan malah membawa pengaruh buruk. Hhhmm kapan ya KPAI dan KPI akan menertibkan tayangan-tayangan itu. Karena ternyata lama-lama benar-benar meresahkan loh.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

3 comments:

  1. toooss naeema,, keisha pun suka banged nonton cbeebies :)Bisa berhitung 1-10, nari2, belajarnya dari cbeebies. dulu terfavorite teletubbies & in the night garden, skrg bosen, gantian daanish yang suka liat film ini hehehe.. Keisha paling suka liat mister maker (ga bosen2 dia dr dulu suka ini), boogie beebies, everything's rosie, i can cook...semua lagunya dia hapal wkwkwkwk... emaknya mo nonton infotainment ngalah deh... -__-"

    ReplyDelete
  2. kalau aku suka beliin majalahnya cbeebiesnya nih :)

    ReplyDelete
  3. @Deva: emak ngalah demi anak pintar hahahaa.

    @Mba Lidya: Baru tau kalo ada majalahnya mba....

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...