04 January 2012

Weaning

Sudah 2 malam proses weaning di mulai. Proses ini dimulai senin malam. Ketika Naeema akan tidur, sedangkan siangnya dia masih enen sama Unda. Kebetulan senin kemarin unda masih cuti.

Selama ini kita selalu mendoktrin ke Naeema, bahwa ini enen ade bayi. Dan tiap kali kita (unda + Naeema) ketemu ade bayi, unda selalu bilang ke Naeema:

"Enen nya unda kasih ade bayi ya, jadi nanti malem kk jangan nyariin enen"

Selalu begitu, tapi tetep aja dia nyari dan minta enen. Unda selalu ngeles dengan bilang:

"Kan ini enen ade bayi, Naeema bayi bukan?"
"Bukan", selalu begitu jawabnya.
Tapi Naeema bisa ngeles juga, dia bilang:

"Unda, Nima pinjem ya enen nya ade bayi"

ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ‎​​ , gmn ga mau ketawa coba. Bisa-bisanya dia merayu. Harapan Unda sih Naeema bisa self weaning sendiri. Tapi tampaknya sudah dikejar deadline 2 yo nih beberapa minggu lagi.

Muter-muter cari cara, apa ya....kira-kira yang bisa weaning with love. Maksudnya supaya ga pake dikasih yang pait-pait atau pake ke emak-emak ahli nyapih gitu loh. Eh iya, pernah loh Unda kasih vicks enen nya, responnya sih bilang pedes. Tapi begitu beberapa jam kemudian rasa vicks nya hilang, ya udah minta enen lagi.

Unda juga sering bilang:

"Ka, enen unda udah pait kan?"
"Engga", gitu deh jawabnya (⌣́_⌣̀) .

Susah deh kalo begini.
Muter-muter otak, gimana caranya yang tetap berasaskan weaning with love akhirnya unda coba-coba deh. Unda ingat Naeema itu udah tau malu. Jadi dia ngerti kalo Unda tutup mata dan ga mau ngeliat dia melakukan sesuatu, maka dia akan malu. Ketemu kan tuh asas sebab-akibatnya. Hiihihi lebay banget ya kalimatnya.

Akhirnya unda coba deh trik itu, Unda bilang:

" Naeema sudah 2 tahun, jadi enen nya udah buat ade bayi. Naeema kan sudah anak kecil bukan ade bayi lagi. Unda malu ah kalo liat Naeema enen", sambil tangan saya menutup mata ketika dia enen.

Emang sih pertama dia merajuk dan nangis tapi unda harus kuat. Walaupun dia tarik tangan unda supaya gak tutup mata, unda tetep balik lagi tutup mata.

Eh iya Unda juga bilang:

"Naeema, enen (sambil nunjuk enen) no no no (sambil telunjuk bergoyang tanda larangan), tidak boleh ya".

Eh ya anak itu banyak akal. Gak boleh enen sama unda eh dia enen sama eyangmami nya dong. Iya memang Naeema juga enen sama eyangmami. Karena waktu kecil ga mau asip di botol sementara unda kerja, jadi eyangmami pun ber inisiatif dipancing pake enen nya dulu baru deh masukin dot botol. Fiuhh untung yang ngasuh eyangmami, coba kalo orang lain, ga kebayang Naeema enen sama yang lain, ga rela juga sih hϱϱhϱϱhϱϱ.

Back to the topic. Unda juga larang eyangmami ngasih enen, padahal Naeema udah ngerengek terus. Unda alihkan perhatian sambil ngajak main. Dan Unda biarkan dia tidur malam, sampe dia bener-bener ngantuk banget. Bisanya jam 6 juga udah tidur loh.

Akhirnya Naeema tertidur dengan cara di gendong (indung-indung). Dan unda siap-siap nanti malam akan bangun berkali-kali untuk gendong.

Malamnya Naeema bangun beberapa kali. 1x minta digendong dan 4x minta susu setiap satu jam sekali di selang waktu jam 1-5 pagi. Dan berhasil....sampe pagi dia tidak enen, minta sih sekali cuma akhirnya unda gendong.

Siangnya naeema juga ga enen sama mami. Dengan treatment yang sama kalo bobo di gendong. Terus pas malam ke 2 ini, Naeema gak minta enen juga loh sama Unda. Cuma beberapa kali liatin enen atau pegang enen sambil minum susu, abis itu dia berbalik lagi meluk guling.

Mudah-mudahan proses weaning with love ini terus berjalan lancar ya. Kalau ini berhasil, projek selanjutnya adalah toilet training khusunya untuk BAK.
Sent from my BlackPad®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

4 comments:

  1. say... aku mau coment tapi ga beres baca tulisannya, iks...kecil2, mataku rabun pulak... aku berkunjung yaa

    ReplyDelete
  2. iya sama kaya mira, aku sampai lama baru selesai bacanya ,mungkin karena hurufnya sambung trus kecil ya mbak.
    semangan terus weaningnya ya Naeema. aku sih pernah baca gak boleh ngebohongin anak pakai pahit2 gitu kalau proses weaning

    ReplyDelete
  3. waaa..naeema udah gede ya :)
    \semangat des, hehe *kayak gW ntar bakal bisa aja:p*

    ReplyDelete
  4. kayaknya susah ya proses weaning ini,,,,

    ReplyDelete

Hai Hai....
Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa jejak komen nya.


See You

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...