22 August 2010

1st Carnaval in 7 months


Sehari sebelum mbulet usia 7 bulan, Naeema ikutan karnaval di rumah. Kegiatan yang diadain sama kk karang taruna dan remaja masjid dalam rangka merayakan HUT RI ke 65 tahun dibulan Ramadhan kali ini, cukup membuat anak-anak kecil disekitar rumah antuasias mengikuti acara ini walaupun berpuasa. Gak cuma karnaval sih, ada fashion show, membaca doa-doa pendek, lomba mewarnai, dll. Kebetulan Naeema cuma ikut karnaval aja, dengan strollernya. Awalnya sih gak mau dihias strollernya, cuma nene yul (ade mama yang suka bantu jagain Naeema) maksa supaya strollernya dihias, akhirnya menghias lah beliau sendirian hehehe. Unda kemana?? Unda berusaha kelonan sama Naeema supaya pas karnaval nanti gak ngantuk. Tapi tetep aja gak tidur-tidur juga.....hmmffhhmmm.

Akhirnya pas karnaval Naeema pun mengantuk, cuma ikut 1 putaran aja dan sisanya cemberut di strollernya, hehehe. Muka sedih pengen digendong, dengan mata merah.....berhasil bikin penonton (baca: jidah, eyangmami, aunty iis, om rama, dan nene yul) kecewa karena gak sampe selesai ikutan karnavalnya. Karena udah rada mendung, unda akhirnya bawa Naeema pulang dan setelah dirumah dia pun tertidur. Oh iya, naeema jadi peserta paling kecil cil cil yang ikutan karnaval loh.

Alhamdulillah hari ini Naeema pas 7 bulan. Walaupun bulan kemaren berat badan stabil di berat 6,8 kg. Bikin Naeema yang montok jadi mungil dan sedikit tirus pipinya, tapi alhamdulillah sekarang udah mulai keliatan montok lagi. Sempet sakit dan kena alergi (kayanya ini gara-gara unda makan ikan tongkol deh), kena batpil ketularan dari unda, dan alhamdulillah sembuh dengan obat-obatan herbal ala eyangmami (air daun saga + kencur, sukses bikin batuk Naeema kaboor). Berat badan di 2 minggu menuju 7 bulan adalah 7 kg, mudah-mudahan sekarang naik lagi seiring dengan napsu makannya yang juga sudah ada kemajuan.

Naeema di 7 bulan ini :
  1. Bolak-balik badan (tengkurep - telentang) semakin lancar.
  2. Bisa bilang ba...ba...ba...ma...ma...ma.
  3. Sudah mulai mengenali orang. Artinya : gak mau digendong yang lain, kalo ada eyangmami atau gak mau digendong yang lain kalo ada unda, apalagi kalo unda lagi libur.
  4. Suka banget berdiri, udah gak sabar ingin melangkah.
  5. Kalau main maunya dipegangin dengan posisi berdiri.
  6. Masih gak bisa makan sambil duduk, selalu digendong. Mudah-mudahan nanti lama-lama terbiasa ya ka.
  7. Suka ngobrol dengan anak-anak kecil.
  8. Sudah bisa mengeluarkan suara "aa"....marah atau suara "aa" yang artinya memanggil.
  9. Semakin suka narik-narik nipplenya unda.
  10. Masih suka gigit-gigit jari. Harus mulai dilatih supaya berkurang nih, takutnya keterusan aja.
  11. Mulai suka becanda sama anda-nya.
  12. Kalo bobo maunya ngempeng sama enen nya. Duh Naeema kenapa sih begitu...??
  13. Ngamuk nya makin jago kalo dipakein baju. Mudah-mudahan ini cuma salah satu dari tahap perkembangan di semester ke 3 ini ya nak.
Kurang lebih begitulah Naeema memasuki usia 7 bulan ini. Ngengeng nya masih, lincahnya masih. Setiap hari selalu saja ada yang berbeda, tak pernah sama.

Semoga semakin hari, semakin pinter dan mandiri. Mengerti dengan kondisi unda yang harus bekerja. Kelak menjadi penyejuk hati ke-2 orangtua nya. Menjadi anak yang sholeha dan mau mendirikan Shalat-Mu ya Rabb. Amin ya robballamin.

14 August 2010

Cheese Mashed Potatoes


Akhirnya Naeema punya kemajuan dalam hal makan. Setelah berganti menu coba-cobanya unda, malah kadang gak pake aturan 4 hari sampe sekarang, akhirnya ketemu juga makanan kesukaannya Naeema. Ya.....Mashed Potatoes.

Menu ini dicoba setelah Naeema 1 minggu memakan bursisang (bubur asi pisang) lalu kemudian mencoba bubur asi beras merah yang jelas-jelas setelah suapan pertama langsung gak mendapatkan respon yang positif. Bahkan karena waktu itu bubur beras merahnya memang agak encer gak banyak yang bisa masuk ke mulut Naeema.

Hal ini membuat Unda bingung bin keder, bagaimana caranya ya? apa yang salah ya? Sampe suatu hari Unda makan roti dan sedikit dari roti yang sudah unda kunyah coba unda suapkan ke Naeema (don't try this at home) dan apa yang terjadi??? Naeema mau mengunyah atau merasakan suapan roti itu, akhirnya unda berusaha bikin supaya makanannya gak terlalu encer. Dicobalah kembali beras merah lagi, agak sedikit kental tapi tetep Naeema gak mau, Akhirnya dicoba lah mashed potatoes ini ke Naeema. Biasalah ya...respon pertama masih aneh juga. Tapi besoknya Naeema mau mengunyah makanan ini. Beda banget sama si beras merah itu...hmm akhirnya setelah lulus 4 hari si mahsed potatoes unda campur deh dengan keju, alhamdulillah semakin lahap. Aturan 4 hari memang unda terapkan tapi unda gak ganti menu dulu sampe kalo Naeema keliatan masih suka.

Unda sudah mulai ngasih makan 2x sehari, pagi seperti kentang dan sore biasanya buah-buahan. Sudah lulus, pisang, pepaya dan sekarang lagi nyoba labu parang. Naeema loves labu parang too. Lahap, dari 1 potong menjadi 2 potong sekali makan. Kentang pun dar 1/4 kentang besar menjadi 1/2 kentang besar. Kalo siang kadang-kadang kalo lagi ngumpul keluarga pernah juga unda kasih melon (cuma sekali) dan disedot itu tandanya seneng, labu mini juga diemut-emut sampe setengah potong kecil.

Pemberian MPASI Naeema emang rada-rada koboy ala unda sih, yang penting dia masih mau makan dan diusahakan supaya gak kena gurgal dulu. Tapi kalo biskuit sih suka dikasih sama eyangmami nya buat cemilan paling 1/2 potong (don't try this at home juga ya). Abis unda konsentrasi supaya Naeema mau makan dulu deh. Pemberian makan harus duduk pun belom bisa terlaksana, karena memang unda belom sempet beliin boosternya dan Naeema gak betah lama-lama duduk di bounchernya lagi, karena udah keberatan, jadilah selama ini Naeema digendong dalam posisi duduk tapi tetap diarea dalam rumah.

Mungkin nanti makannya akan semakin pinter ya, nak??. amin.

Btw unda dihari ke-4 bulan Ramadhan ini insyaallah niat puasa, Naeema bantuin unda ya, dengan sedikit aja asi-nya, ganti sama makan yang banyak ya.....amin. Ayo ak kita belajar puasa bersama-sama.

08 August 2010

Oh My........

Fiuh....ruang gerak ber online ria semakin terkekang hehehe. Unda harus konsen sama kerjaan yang sedang dilimpahkan sama unda. Sejauh ini waktu dengan Naeema masih bisa terkendali alias gak berkurang (jangansampe deh berkurang). Untuk bersosialisasi dengan teman-teman dunia maya hanya bisa unda lakukan diperjalanan pulang itu pun melalui HP atau diwaktu wiken seperti ini, dikala Naeema sudah tidur. Baru kali ini unda berkantor ditempat yang agak ketat untuk seputar internet, hanya untuk kerja aja, tapi gak papa unda untung sudah terbiasa sebelumnya karena emang kesibukan yang membuat unda jarang banget ada dimeja. Interview, menghadap pak bos, atau mengurus para karyawan baru. Semua itu memang udah jadi konsekuensi unda, namanya juga bersusah susah sekarang dan bersenang-senang kemudian *lebaymodeon.

Ok sekarang soal Naeema. Selama kurang lebih 2 minggu ini memulai MPASI, dia masih dalam proses penyesuaian dengan apa saja yang masuk kedalam mulutnya selain ASI atau ASIP. Masih aneh sama yang namanya air putih, heran sama buah-buahan yang masuk atau makanan yang masuk kemulutnya. Kalo enak dikunyah tapi kalo g suka ya nangis. Unda mulai ngasih makan 2 kali sehari mengingat kalo sekali makan gak pernah banyak jadi unda jadikan 2 kali frekuensi nya. Unda tidak terlalu menerapkan aturan 4 hari, selama Naeema masih suka unda lanjutkan aja, dan unda kombinasikan yang penting masih non gurgal dan gak ada TATA (tidak ada tanda-tanda alergi). Abis daripada Naeema gak mau makan, sekarang yang unda lakukan adalah membuat Naeema agar menyukai kegiatan makan. Unda kombinasikan menunya setiap hari (sebenernya sih ini idenya eyangmami, hehehe). Misalnya, pagi makan kentang sore makan buah. Dan kadang-kadang siang juga ngemil-ngemil, kadang unda kasih roti dan kadang biskuit regal (iya emang sih harusnya jangan regal dan harusnya omemade tapi gak banyak koq dan jarang bgt) yang penting ya itu, Naeema menyukai kegiatan makan.

Masalah unda sekarang adalah, Naeema gak mau disuapin makan sama unda. Jadi nya manja dan dilepehin, gak mau ditelen. Ditambah lagi pake nangis, duh bikin unda gak tega deh. Akhirnya baru 5 suap (1 suap = seujung sendok bayi) udah nangis kejer dan bikin unda berenti nyuapin. Tapi kalo sama eyang mami pasti deh mau, gak pake nangis dan dikunyah, makanya kalo nyuapin Naeema akhirnya unda akan serahkan ke eyangmami, tapi unda harus bisa belajar nyuapin Naeema, harus bisa !!!!. Satu lagi, unda belom bisa memberlakukan kalo makan harus duduk, karena susah banget jadinya, eyangmami (selaku yang menggantikan unda selama unda kerja) berinisiatif sambil gendong cuma tetep didalam rumah sambil nyanyi pun dilakukan supaya naeema mau makan. Sekali lagi mudah-mudahan ini cuma bersifat temporary aja. unda gak mau Naeema makan sambil digendong-gendong.

Gimana sih ya, supaya anak mau makan dan menjadikan makan itu kegiatan yang menyenangkan apalagi kalo belajar makan kaya Naeema?

Mudah-mudahan ini cuma masalah waktu aja ya ka....semoga makin lama kk makin pinter emam nya ya.....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...