31 March 2010

ASI Perahan Unda

Unda udah mulai coba belajar memerah ASI, walopun masih manual dengan menggunakan tangan. Bukannya gak mau beli breastpump, cuma nunggu dulu deh....nunggu ada uang lebih, nunggu akhirnya pilihan unda jatuh ke yang model apa dari merk mendela, dan nunggu kegigihan unda untuk mencari kerja lagi.
Sabtu yang lalu, unda coba merah asi nya dengan tangan untuk pertama kali nya karena naeema mau unda tinggal ke ITC. Unda pergi dengan anda karena harus beli beberapa kebutuhan....karena takut lama, akhir nya udan perah asi nya, atas saran dari eyangmi. Itu juga karena kebetulan unda sudah mulai mencicil kebutuhan perah memerah, yang baru aja unda beli yaitu botol kaca penyimpan asip.

Perahan pertama, alhamdulillah dapet +/- 15 ml. Dan begitu naeema nangis, langsung abis 1 kali sedotan (eyangmi memberikan asip dengan menggunakan botol), walo pake botol alhamdulillah sesudah nya naeema masih inget sama enen unda...hehehe.

asip ke dua unda

Nah sore ini unda nyoba merah pake tangan lagi, alhamdulillah dapet lebih banyak +/- 50 ml, kali yaa.....Unda persiapkan asi ini supaya kalo sewatu-waktu unda harus tinggal pergi yang agak lama, gak perlu khawatir karena udah punya stock yang agak banyakan. Nah mulai besok unda berencana memerah lagi sedikit demi sedikit asinya, daripada kebuang dan rembes di waslap yang biasa unda pake buat breastpad nya kan.....mending diperah dan bisa diminum.

Mudah-mudahan cara unda merah dan menyimpan asip nya sudah bener ya...jujur unda masih belajar meraba-raba, belom terlalu pede untuk nyimpan asip ini. Takut salah dan berimbas ke kesehatannya naeema. SEMANGAT MEMERAH....!!!

26 March 2010

Ujiannya Unda...

Astagfirullah.....bener-bener ujian jadi unda akhir-akhir ini begitu bikin unda dilematis. Ketika waktu menjadi unda hampir unda gadaikan demi untuk masa depan. Kenapa sih unda...??, pasti itu kan yang dipertanyakan.

Bermula dari awal bulan maret lalu, dimana unda dapet tawaran di posisi yang unda idam-idamkan selama ini sebagai HR staff disalah satu resto ternama, tapi KENAPA??, kenapa harus di tempat itu yang buat unda masih bid'ah hukum nya, dan lagi diminta untuk in charge diawal april ini....Setelah minta masukan dari anda, anda pun tidak mengizinkan ya karena bid'ah nya itu. Unda juga bingung apakah halal atau enggak yaa....

Kedua 2 minggu yang lalu unda diminta untuk mengisi posisi marketing di kantor tempat unda freelance selama ini (red: experd), emang sih masih temporer menggantikan mba anda (salah satu marketing disana yang akan ambil cuti hamil. Unda mengiyakan....karena unda pernah bantu-bantu didivisi itu juga, cuma koq yah berikutnya diinfokan harus masuk akhir maret ya....??

Wakks....gimana unda gak bimbang bin bingung coba. Unda mau kembali eksist kerja, bukan karena unda gak menikmati nikmatnya jadi ibu, cuma unda merasa masih butuh uang sendiri untuk ini dan itu kebutuhan unda. Unda gak merasa nyaman aja kalo harus minta-minta trus ke anda (terbiasa punya uang sendiri) untuk memenuhi kebutuhan unda (maksudnya bukan kebutuhan basic ya....) apalagi unda seneng banget belanaj printilan-printilan.

Unda juga pengen punya penghasilan sendiri untuk nabung buat masa depan nya Naeema, ngumpulin perabotan dikit-dikit, karena unda pengen pindah ke rumah sebelah nih. Pengen mandiri, walaupun yah masih disebelah rumah mama sih, cuma kan pasti beda rasanya.

Loh memang penghasilan anda gak cukup???. Alhamdulillah penghasilan anda cukup, cuma untuk beberapa tahun kedepan memang terpangkas untuk alat transportasi dulu. Jadi ya pengen gitu sedikit mengurangi beban anda.

Back to the dilema nya unda, sang pemberi kesempatan sih memaksa supaya masuk di awal april, tapi sekarang kan unda udah gak sendiri....udah ada naeema yang udah jadi anak unda. Jadi kalo mau kemana-mana unda harus berpikir sedemikian rupa, karena sudah ninggalin anak bukan ninggalin cucian kotor. Hmm seandainya tawaran itu tidak mendadak seperti ini, masa cuma dikasih waktu 1 minggu sih untuk mompa....asi maksudnya loh. Kan gak gampang, apalagi blom prepare pompaannya, karena unda emang niat beli pas Naeema masuk 3 bulan. Kalo pun beli sekarang-sekarang ini, kan perlu waktu juga penyesuaian ke Naeema nya, apalagi unda baca pengalaman mommy-mommy yang lainnya bahwa hasil pompa akan lebih sedikit daripada dihisap langsung. Fiuh......betapa sulitnya pilihan itu......

Ya Allah Ya Rabb.....kali ini, aku mengalah dengan ego ku. Kutinggalkan tawaran itu...kembali. Dan kutunggu saja kau pilihkan satu yang terbaik untuk ku dan untuk keluargaku....Kumohon berikan aku yang terbaik dan bantu aku memenuhi impian-impianku, amin

22 March 2010

2 Bulan Anak-nya Unda....

smiling face of naeema

Alhamdulillah anak-nya unda sudah 2 bulan tepat dihari ini. Semakin banyak perkembangan yang setiap hari selalu membuat unda takjub, gak hanya unda sih seluruh keluarga juga. Semakin banyak juga pelajaran-pelajaran yang unda dapat setiap hari, setiap menit dan setiap detik yang unda lalui bersama Naeema.

Bagaimana Naeema di usia-nya yang ke 2 bulan ini??

1. Sudah mulai ngerti emosi. Dalam artian Naeema ngerti kalo Unda nya marah, misalnya kalo enen nya dimainin, sampe asi nya tumpah kemana-mana, biasa nya unda bicara dengan agak tinggi atau cuma diem aja tapi mata unda tanpa ekspresi ngeliatin dia, langsung deh dia bisa kejer nangis nya, tau kalo unda nya lagi marah.

2. Itu berarti Naeema udah mulai kenal Unda, apalagi kalo unda udah ancang-ancang ngeluarin kendi hehehe.

3. Selain itu Naeema mulai hapal orang-orang sekeliling nya.

4. Sudah mulai banyak main, walo kalo udah bosen masih ngengeng tapi alhamdulillah sudah mulai banyak ngoceh "ouw...ouw dan kya..kya".

5. Anak yang ramah. Setiap kali disapa orang selalu saja tersenyum balik, dengan catatan tidak dalam keadaan mau enen, hehehehe.

6. Lagi seneng main ludah dan menjulurkan lidah.

7. Sudah tambah kuat angkat kepalanya, dan suka kalo ditengkurepin.

8. Suka mandi sekali, kalo diangkat dari bak nya pasti marah, tapi gak lama koq abis itu dengan rayuan maut pasti diem lagi.

9. Oh iya semakin hari kaya nya semakin serius tuh main sama elmo (boneka elmo yang digantung sebagai alat tarik dikipas angin), kadang elmo nya diajak ngobrol, curhat kali ya hehehe.

Dan masih banyak lagi tingkah nya naeema yang bikin unda amaze setiap hari...

Mudah-mudahan anak unda sehat selalu, makin pinter dan kelak jadi anak sholehah, amin.

21 March 2010

Anda dan Naeema

*anda si bapak rumah tangga

Wiken ini kebetulan anda, unda dan naeema gak kemana-mana, maksudnya gak keluar kota lagi seperti minggu lalu. Sabtu, seluruh rumah disibukkan dengan kegiatan beres-beres rumah termasuk juga unda. Sejak auntis alias aunty Iis masuk kuliah, unda yang mencuci dan menyetrika sendiri baju-baju nya Naeema. Dan naeema pun digendong anda, karena kebetulan naeema ngengeng (sebutan kita-kita dirumah kalo naeema cengeng) karena ngantuk. Anda pun mengindung-indung naeema.

Sempet sanksi nih unda sama si anda. Karena selama ini Naeema gak pernah betah berlama-lama digendong anda, karena tekstur anda yang masih kaku kalo nge gendong, jadi Naeema pun kurang nyaman selalu sebentar trus ogah digendong anda. Tapi lain dengan sabtu kemaren, Naeema anteng aja digendong anda...mungkin udah berasa ngantuk kali ya. Oh iya...sekarang naeema juga udah mulai familiar sama anda, udah mulai kenal dan respon kalo diajak ngobrol. Harap maklum kenapa Naeema baru kenal atau familiar sama anda nya disebabkan karena anda kan berangkat pagi (kadang-kadang naeema blom bangun) dan pulang malem (naeema biasanya udah tidur). Tapi walau demikian anda selalu rajin ajak ngobrol naeema, walaupun dia tertidur (kalo ini kadang unda yg kesel apalagi kalo anda pake gusel-gusel segala, takut naeema bangun trus rewel hehehehe *piss ya nda).

Back to the topic tentang sabtu siang kemaren, anda minta dipasangin gendongan yang suka unda pake gendong naeema. Ooooo.....gendongannya kekecilan buat anda yang gede....ya sekena nya aja deh gendongannya. Tapi setelah unda tinggal ke indo*****t sebentar, unda liat anda udah nyaman dengan gendongannya, ternyata bentuk gendongannya udah dibetulin sama anda sendiri, dan Naeema udah tertidur di gendongan anda. Alhamdulillah anda udah bisa nidurin Naeema. Senengnya unda, bangga banget sama anda hari itu. Dan sejak itu Naeema udah mulai nyaman juga digendong anda, anda pun udah terbiasa. Bagussssss....paling enggak kalo kita pergi hanya ber 3 ada yang bisa gantiin unda gendong Naeema, kalo naeema lagi rewel. Memang semua nya harus dilakukan terus menerus supaya terbiasa yaa......

17 March 2010

Persahabatan bagai Kepompong

ki-ka : saya, ade, bunga, desti dan frida

Kami sudah berteman sejak kami menjadi mahasiswa Psikologi di YAI. Walaupun saya junior nya mereka yang berbeda satu angkatan, tapi saya sering kali gabung sama mereka. Itu disebabkan karena 2 dari mereka adalah tetangga saya. Bisa dibilang kegiatan saya diluar kampus alias nongkrong alias jalan-jalan alias bandel-bandel sedikit banyak saya lakukan bersama mereka, hehehehe...uhuyyy ngaku deh kalo dulu saya juga pernah bandel, menurut ukuran saya tentunya.

Meskipun sejak satu persatu lulus kuliah dan mulai punya kehidupan masing-masing alias menikah, tapi kita masih sering mendengar kabar satu sama lain dari yang lainnya. Kalau ada kesempatan, seperti moment buka puasa bersama selalu kita lakukan setiap tahunnya. Kegiatan ketemuan pun semakij bervarias moment nya seperti saat menengok salah satu dari kita melahirkan.

Cerita lucu itu pun bermula ditahun lalu (2009), ketika Bunga hamil anak keduanya (padahal dia baru saja melahirkan anak pertama nya setahun yang lalu, kayanya dia ngebut deh hehehe) yang kebetulan beberapa minggu berikutnya saya juga mengetahui kalo saya juga hamil (ouou.....cuma beda hitungan minggu saja). Kelahiran anak nya Bunga yang pertama "bang Tallla" juga ada barengannya yaitu Rara "putri pertama nya desti". Nah gak direncanakan bener-bener deh, dikehamilan ke dua nya ini lah koq bareng saya ya...ckckckck...rencana Allah swt bener-bener indah.

2 setengah bulan kemudian, ade menikah dan subhanallah cuma hitungan hari aja langsung JRENG dia dinyatakan hamil juga, jadilah jarak anak kita nanti gak berbeda jauh. Selama masa kehamilan kemaren pun kita suka bertukar informasi, apalagi antara saya dan ade (soalnya kita tetanggaan nih). Sekarang pun ketika ade sedang menanti kelahiran anak pertama nya yang hitungan hari ini, saya berusaha untuk selalu mensupport dia seperti dia mensupport saya ketika saya menanti lahirnya Naeema yang tak kunjung memberikan tanda-tanda kelahiran. Dia selalu menghubungi saya dari kantor hanya untuk menanyakan kabar saya. Desti dan Frida juga begitu....alhamdulillah memiliki mereka didekat saya. Berasa gak sendirian ajah....hehehehe.

Dan seperti bisa ditebak kan pada taun 2009 kemaren Bunga lah yang pertama kali lahir anaknya, baru kemudian Naeema lahir, dan sekarang ade menunggu hari due date nya. Dan tau gak sih, anak kita ber3 semuanya cewe......kebayang kan nanti kalo kumpul-kumpul gimana......ceriwis-ceriwis. Ditambah dengan anaknya desti yang juga cewe, emang sih anak nya Bunga yang pertama Cowo, bisa dibilang nanti Bang Talla adalah body guard dari putri-putri cantik, amin.

Dan....dan...dan lagi 2 minggu yang lalu Frida dinyatakan positif hamil sama testpack dan obgyn. Subhanallah gak berhento-berhenti deh....sumpe kalo ngebayangin yah jadi lucu. Jadi kerjaan saya kalo sore atau pagi, selain ngajak Naeema jalan-jalan sore dengan strollernya, saya juga mampir di rumah Frida yang lagi mengalami mabok-maboknya 3 semester pertama, dan juga menemani Ade jalan-jalan sore. PERSAHABATAN BAGAI KEPOMPONG.

Bisa ditebak kan kalo kita kumpul nanti, maka obrolan selanjutnya bukan lagi membicarakan suami, tapi membicarakan anak......

15 March 2010

Our 1st Long Journey

Kemaren adalah perjalanan pertama unda pasca melahirkan naeema. Ke Bandung dalam rangka memenuhi undangan dari keluarga bapak mertua yang hajatan, maka unda, anda dan juga naeema pun bertolak ke Bandung. Pertama sih agak-agak ngeri unda ngajak naeema yang masih 1,5 bulan menempuh perjalanan jauh. Ke tempat eyang ti aja baru 1 kali dan unda juga masih takut-takut. Tapi demi menghargai anda , jadi dengan mengucap BISMILLAHIRAHMANIRAHiM....unda pun mengiyakan ajakan anda.

Sehari sebelumnya pun unda sudah sibuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan naeema, tentu saja pakaian dan sebagainya. Untung unda sudah gabung di sini, udah sempet baca pengalaman-pengalaman dari beberapa ibu-ibu yang punya baby samapi toddler yang biasa ngebedah diapers bag nya mereka. Jadi alhamduillah unda kebayang apa aja yang biasanya diperluin baby dalam perjalanan. Bawa diapers bag yang agak besar gak seperti yang biasa unda bawa. Unda siapain dari mulai baju naeema, baju unda juga kalo-kalo unda juga perlu ganti, diapersnya, sampai ke toiletriess nya. Alhamdulillah gak kekurangan persediaan dalam perjalanan kemaren.

Sebenernya sih takut juga naeema akan bosen selama dalam perjalanan, masalahnya g pernah menempuh perjalanan jauh nih (duuh...unda nih paranoid banget sih), abis gimana gak paranoid ya kalo dirumah aja naeema sering bosenan sih. Hari-hari sebelumnya unda udah wanti-wanti ke naeema (padahal naeema ngerti juga enggak ya, cuma unda percaya naeema pasti ngerti) jangan rewel, nurut sama unda dan alhamdulillah selama perjalanan kemaren dia nurut sama unda, bobo terus malah dengan gampangnya dia bobo sendiri cuma ditaruh begitu aja di kursi beralaskan bantal andalannya unda (maklum blom punya car seat sih). Lihat-lihat sekeliling, bengang-bengong, diajak ngobrol senyam-senyum, gak diajak ngobrol eh dia tidur. Duh anak unda pinter deh....(dalam hati unda lega banget deh, paling enggak babak pertama perjalanan terlewatkan dengan baik).
Eh..eh...eh pas sampe bandung dan masih otw ke gedung tempat dimana resepsinya diselenggarakan, naeema terbangun....gak lama kemudian bandung dihadang kemacetan di gedung sate (maklum kemaren adalah hari minggu yang mana banyak banget penjaja kuliner dan masyarakat yang berolah raga disana)....eng ing eng....naeema mulai bosan, karena mobil berhenti. Untung anda yang juga gak betah melihat kemacetan langsung mencari jalan pintas, sempet terkurung ditengah gasibu dan ngiler-ngiler liat jajanan disana....MAU!!! apalagi unda belom sarapan nih.....

Sampe lokasi dengan selamat sentausa dalam keadaan naeema pup, hehehehe. Habis unda ganti diaper nya, langsung diambil alih sama yangti (ibu mertua alias ibu nya yankuw) deh, digendong, dipajang, diajak ngobrol......senyam-senyum, liat-liat sekeliling dan plek....dia tertidur lagi. Hihii anak unda pelor ya, kaya unda nya. Tak perduli keadaan sekeliling ribut nya kaya apa, dia tetep asyik bobo dipangkuan yangti nya, paling melek sedikit sambil manyum sewaktu pengisi acara bernyanyi dengan suara yang enggak enak hehehehe.

Berlanjut kelokasi tujuan yang ke 2 masih tetep di Bandung daerah jatinangor, nengok sepupu-sepupu kecil yang mauk asrama pesantren disekitar sana yang kebetulan gak bisa pulang karena mau ujian. Naeema sempet rewel karena unda lepas dari enen nya yang gak dipergunakan dengan maksimal alias cuma ngempeng aja. Tapi setelah dibawa turun dari mobil trus kena angin sepoy-sepoy asoy geboy diem lagi deh. Manyun-manyun trus tidur lagi. Disana cuma sebentar trus lanjut mampir ke Rancaekek yang gak jauh, disana lumayan lama. Naeema yang menjadi putri tidur hari itu, dijadiin mainan, digendong sana gendong sini...untung gak ngambek, biasa nya kalo tidur nya ketunda dan diajak main sih dia akan main tapi setelah itu kalo udah ngantuk berat biasanya dia akan rewel dan imbas nya unda harus rayu merayu dengan menggendong sambil goyang-goyang dan berdendang alias indung-indung.

Alhamdulillah walo digendong sana-gendong sini, dia cuma melek aja sebentar trus plek bobo lagi. Walau sekeliling teriak-teriak dengan teriakan nya tsabita dan dinda (keponakan), naeema gak kagetan dan tetep asyik bobo. Eh tapi sempet deh nangis-nangis dikit soalnya bosen di tidurin terus kali ini maunya diajak ngobrol sama sekitarnya. Digendong tante ita (ade ipar) atau digendong yangti langsung dia diem, atau kalo gak mempan sumpel deh sama enen unda, alhamdulillah luluh lah dia.

Sampai rumah malem jam 9, naeema asyik bobo walo gak senyenyak berangkat, karena kondisi jalan yang gujlak-gujlak ditambah dengan pak sopir (anda) yang bawa mobilnya ngebut kaya kebelet pipis, jadi deh nangis-nangis dikit tapi begitu digendong unda langsung diem koq. Oh iya sejak ada naeema, unda kalo duduk selalu dibelakang berdua naeema. Ditengah perjalanan unda menyadari kalo idungnya mampet sebelah. Mungkin karena kelamaan ruangan ber AC kali ya, padahal udah double protektion loh....pake legging plus selimut yang menyelimuti kepala sampe kaki nya. Cuma kan daya tahan baby gak sama denga orang dewasa.

Nah ini nih akhir dari hari minggu yang cukup menegangkan. Begitu sampai rumah depok, naeema unda tidurin dikasur yang langsung juga disambut sama yangmi (mama) loh koq tiba-tiba keluar gumoh dari idung nya 2 kali. Unda yang udah hampir tepar juga ngantuk plus cape langsung kaget panik dan teriak...

"astagfirullah, kenapa koq begitu ma?"
Yangmi langsung inisiatif gendong dan peluk naeema yang langsung nangis kejer.
Unda berdoa sekenceng-kencengnya kaya lagi marathon dan perasaaan bersalah sama naeema. "Ya Allah kuatkan anak hamba".
Tadi nya mau dibawa kedokter, cuma yangmi langsung siapin bawang merah dan minyak trus naeem langsung diborehin deh. Naeema paling suka kalo diborehin apalagi pas pungggungnya di pijit2 dikit. Nah begitu dipijit bagian belakanganya langsung sendawa dan kentut deh dia....
"alhamdulillah".

Setelah itu naeema langsung bobo lagi sambil menikmati enen unda, yang pules sampai dengan pagi hari nya. Perjalan pertama kami alhamdulillah lancar, walau ada insiden sedikit di ending nya. Mudah-mudahan naeema sehat selalu ya, unda selalu berdoa semoga naeema jadi anak yang kuat. Tapi unda juga gak akan bawa kaka keluar-keluar trus koq, dikenalkan pelan-pelan dengan lingkungan ya ka.....

13 March 2010

Haaa...akhirnya....

Setelah beberapa hari ini searching layout yang OK (secara ya ibu-ibu sekarang g sempet bikin layout design sendiri). Alhamdulillah, ketemu juga nih yang memang template nya sesuai dengan keinginan didapat dari sini. Untuk sementara cerah lah pandangan saya kalo buka blog, maksudnya gak bosen lagi gitu loh....

Sekarang sambil mikir-mikir mau diapain yaaaa selanjut.....mudah-mudahan nanti punya waktu luang yang cukup.

08 March 2010

Muhasabah (evaluasi diri)

Evaluasi diri.......ya, tampaknya kita perlu meng-evaluasi diri kita masing-masing
Merenungi apa saja yang sudah terjadi, salah kita, kekurangan kita, kelemahan kita.
Patut benar-benar kita renungi dengan lapang dada.

Toleransi dan pengertian sangat diperlukan.
Untuk kita agar bisa lalui ujian ini.
Marilah kita bicara.........
Dan temukan jalan keluarnya.

Diam dan diam.
Tidak akan menyelesaikan masalah.

01 March 2010

Unda si kendi berjalan

Istilah kendi, biasanya saya pakai untuk membahas soal payudara saya (terinspirasi dari mba astri). Kendi....ya abis kan memang seperti kendi, yang isinya adalah asi. ASI yang sangat di sukai Naeema.....^_^.

Sejak Naeema lahir memang sudah saya usahakan untuk memberikan asix kepadanya. walaupun waktu awal-awal, asi tersebut masih terkesan langka banget keluar dari kendi-nya unda. Sampai-sampai Naeema rewel, karena masih lapar. Unda hampir menyerah waktu di hari ke-2 kelahiran Naeema, karena asi unda sangat sedikit dan saya masih dilanda dengan efek samping dari SC partus yaitu mules-mules melilit. Alhamdulillah Anda (panggilan Naeema untuk bapak-nya), gak menuruti kemauan saya, sehingga saya tetap memberikan asix ke Naeema. Dan saya akhirnya tetap berjuang memberikan asi ditengah nyerinya jaitan sc partus seiring dengan hisapan kaka saat enen, dan luka nya P****ng saya. Samoai hari ke -7, alhamdulillah asi saya lambat laun mulai lancar dan deras. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan kaka yang memang sangat kuat enen-nya.

Keluarga sangat mendukung program asix saya, apalagi mama yang selalu menyediakan makanan bergizi (sayur-sayuran dan buah) supaya asi saya tambah banyak. Suplemen dan madu pun saya konsumsi (kalau madu sih pemberian dari ibu mertua). Memang gak hanya mama aja yang ikut jadi tim sukses asix tapi ibu mertua dan ade ipar saya (yang juga jadi bidan saya) ikutan jadi tim sukses. Segala artikel online pun saya baca, bagaimana memberikan asi yang benar kepada baby. Oh iya...papa saya sempat loh membelikan susu formula yang sekarang cuma jadi pajangan dirumah, karena beliau ingin cucu nya sehat dan montok. Untung beliau bisa menerima penjelasan kalo kaka sementara hanya asi dulu supaya sehat dan kuning seperti kekhawatiran 14 hari pertama kelahirannya, akhirnya eyang papi ngerti deh.

Sekarang alhamdulillah kendi ini semakin penuh dengan as, ketika kaka enen di kendi yang 1, seakan kendi yang satu pun penuh seiring dengan isapan di kendi sebelahnya. Kaka pun semakin montok, sehingga bisa ngebuktiin ke eyang papi bahwa dengan asi pun baby bisa montok. Hmm....nikmatnya jadi kendi berjalannya Naeema. Walaupun sakit....tapi nikmat, mudah-mudahan kaka sehat dan kebal terhadap kondisi apapun ya (maksudnya penyakit loh ya...).

Doakan asix saya 6 bulan kedepan lancar ya, meskipun saya kerja nantinya, amin.....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...