30 August 2009

Ku Berserah saja pada-MU

Alhamdulillah, malam ini saya mendengar salah satu teman, sudah menjadi seorang ayah...yeah Finally....

2 hari ini pikiran saya mulai berkutat dengan "bagaimana saya melahirkan nanti?"

Doa setiap insan pasti lah hanya satu "Semoga dilancarkan semua nya". Dilancarkan bagi saya adalah dengan melahirkan secara normal, dengan keadaan si jabang bayi yang sehat wal-afiat, dan saya juga selamat dan sehat. Semoga saya dan suami diijinkan menjadi orangtua dari calon bayi yang saya kandung, amin.

Selain itu saya juga selalu berdoa agar kelak saat melahirkan tidak merepotkan suami, bisa melahirkan dengan normal dan dengan biaya yang masih wajar, amin. Kan lumayan biaya yang disimpan nanti bisa untuk keperluan lainnya, amin.

Ya...itu adalah Doa dari seorang perempuan yang baru pertama kali hamil dan akan segera melahirkan. Wajarkah pemikiran saya???. Entah lah, saya tidak tau apakah semua ibu-ibu hamil yang ada disekeliling saya juga merasa seperti apa yang saya rasakan.

Kadang saya merasa bersalah karena tidak bekerja. Karena tidak bisa bantu suami untuk menabung kebutuhan kami dan calon bayi kami. Walaupun saya punya penghasilan, cuma rasanya masih kurang......Apakah saya kurang bersyukur ????. Hmm.....na'udzubillahimindzalik. Jauhkan saya dari sifat tidak bersyukur dari rahmat mu Ya Rabb.....

Yah....saya kembali hanya berserah pada MU, ketidakpercayaan diri ini hanya kukatakan padamu, karena hanya dengan MU ku bisa kembali optimis, insyaallah. Ku berusaha yang terbaik dan hasil terbaik ku serahkan tetap pada MU.


Btw sempet chat dengan teman jauh yang tak pernah saya jumpai "Lufti",

katanya "banyak-banyak baca surat Ibrahim ayat 40".

Saya langsung cari di Al-Qur'an artinya, subhanallah....doa yang benar-benar indah.

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunan ku sebagai orang yang mau mendirikan salat. Ya Tuhan kami, dengarkanlah do'a kami" ( Surat Ibrahim, ayat 40).

20 August 2009

Ahlan wa sahlan ya Ramadhan.....

Alhamdulillah, taun ini diberikan barakah yang berlimpah dari Allah. Taun ini saya dihadapkan lagi dengan Ramadhan, meskipun tidak bisa ikut berpuasa dikarena kehamilan pertama yang baru masuk tri semester ke-2 namum hal tersebut tak membuat saya tak bersemangat bertemu ramadhan. Taun ini juga saya menjalani Ramadhan dengan gelar baru sebagai seorang istri dan seorang ibu, SUBHANALLAH.......nikmat MU amat megah bagi ku. Mudah-mudahan ramadhan taun ini penuh barakah bagi keluarga kecil hamba dan juga keluarga besar kami, amin.

Membaca suatu situs tentang hikmahnya puasa, membuat ilmu bertambah jikalau kelak anak saya bertanya arti puasa, maka saya sudah punya cukup literatur untuk menjawabnya. Cek This Out !!!


----------------------------------------------------
Adakah Hikmah Dibalik Syariat Ramadhan?

Written by Masrukhin


Alangkah mulia rahasia yang ada di balik syariat Allah, alangkah besar hikmah yang ada dalam hukum-hukum-Nya, dan alangkah banyak tujuan di balik penciptaan makhluk-makhluk-Nya. Di antara rahasia, hikmah, dan maksud tersebut, ada yang diketahui oleh akal manusia ada pula yang tidak bisa dijangkau olehnya. Allah telah memberitahukan manusia tentang hikmah yang tersimpan di balik puasa, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya dalam surat al-Baqarah ayat 183.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al-Baqarah [2] : 183)

Dengan demikian, shaum adalah jalan menuju ketakwaan kepada Allah swt., orang yang shaum adalah manusia yang paling dekat kepada Tuhannya, lagi tinggi derajatnya. Kala perut orang yang berpuasa kosong, hatinya menjadi bersih, dan ketika rongga perutnya kehausan, air matanya akan mengucur. Dalam hadits shahih, Rasulullah saw. bersabda, “Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang telah mampu (untuk memberi nafkah) maka menikahlah. Karena menikah itu bisa menundukkan pandangan (mata) dan melindungi farji. Namun barangsiapa yang tidak mampu (memberi nafkah), hendaknya ia berpuasa, karena puasa akan menjadi benteng baginya.” HR Bukhari, Muslim, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad dan Ad-Darimi.

Puasa mampu menyempitkan aliran makanan dan darah yang menjadi jalan setan, hingga bisikan keburukannya akan berkurang.

Puasa akan melemahkan syahwat, lintasan-lintasan hati untuk berbuat buruk atau dorongan-dorongan berlaku maksiat, hingga jiwa akan tampak bersinar.
Puasa akan mengingatkan pelakunya terhadap saudara-saudaranya yang kelaparan, yang membutuhkan, yang fakir, dan yang miskin, sehingga timbul rasa kasih sayangnya terhadap mereka, dan rela menjulurkan tangan untuk menolongnya.

Duhai orang yang berpuasa, yang rela meninggalkan makanan demi menjaga kesucian diri
yang mau berkorban untuk kawan yang lapar lagi dirundung nestapa.
Bergembiralah akan datangnya hari rayamu di hari kiamat yang penuh rahmat
dan dikitari kebaikan dan kesuburan.
Puasa adalah sebuah lembaga untuk membina jiwa, menyucikan hati, menundukkan pandangan, dan menjaga segenap anggota badan.



Puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Tuhannya, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits qudsi yang shahih, Allah swt. berfirman, “Semua amal anak Adam untuk dirinya kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya.”
Kenapa demikian, karena puasa itu tidak ada yang mengetahui kecuali Allah swt., sementara amal kebajikan yang lain seperti shalat, zakat, maupun haji, dapat diketahui oleh siapapun.

Para salafusshalih sangat paham bahwa puasa (di bulan Ramadhan) merupakan sarana bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah swt., saat yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebajikan. Mereka menangis karena rasa bahagia dan gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, dan menangis pilu saat berpisah dengannya.

Para salafushshalih paham apa itu puasa (di bulan Ramadhan), karena itu, mereka begitu mencintai Ramadhan dan mencurahkan segala daya dan kesungguhannya (dalam beribadah) di bulan ini. Mereka rela berkorban di bulan Ramadhan. Malam harinya mereka pergunakan untuk shalat, ruku’, sujud dengan cucuran air mata dan penuh kekhusyu’an. Sedang siang harinya mereka pergunakan untuk berzikir, membaca Al-Qur`an, mengajar, berdakwah, dan memberi nasihat.

Para salafusshalih paham bahwa puasa itu bisa menyejukkan mata, menenangkan jiwa, dan melapangkan dada. Karena itu, mereka bina ruhani mereka dengan makna-makna puasa, mereka sucikan hati-hati mereka dengan aneka tuntunannya, dan mereka latih jiwa-jiwanya dengan hikmah-hikmah yang ada padanya.

Para salafusshalih, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat yang shahih, senantiasa berdiam diri di masjid-masjid bersama mushaf-mushaf mereka. Mereka membaca Al-Qur`an dengan cucuran air mata, dan mereka menjaga lidah dan pandangan-pandangannya dari perkara-perkara yang haram.

Puasa adalah sarana pemersatu kaum muslimin. Kaum muslimin berpuasa dalam waktu yang sama, dan mereka juga berbuka dalam suatu waktu yang sama. Mereka berlapar-lapar bersama dan makan secara bersama-sama pula. Inilah keakraban dan persaudaraan, juga rasa cinta dan kesetiaan yang terjalin di antara kaum mereka.

Puasa mampu menghapus kesalahan dan akan menghilangkan keburukan-keburukan. Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah saw. “Dari satu Jumat kepada Jumat yang lainnya, dari satu umrah kepada umrah yang lainnya, dan dari satu Ramadhan kepada Ramadhan yang lainnya adalah penghapus-penghapus dosa yang ada dalam rentang-rentang kedua waktu itu, selama tidak melakukan dosa besar.”

Puasa dapat menyehatkan jiwa, karena ia akan membersihkan unsur-unsur yang merusak, mengistirahatkan lambung, membersihkan darah dan mengendurkan kesibukan hati. Ruhani pun menjadi cerah, jiwa bersih, dan akhlak terbina karenanya.
Apabila seseorang melakukan puasa, jiwanya akan merasa lemah, hatinya semakin lembut, ketamakannya kian berkurang, syahwat dunianya juga melemah. Karena itulah, doa orang yang berpuasa akan dikabulkan oleh Allah swt., yaitu karena kedekatannya dengan Allah swt..

Dalam ibadah puasa ada suatu keunggulan yang agung, yaitu kepatuhan seorang hamba untuk beribadah kepada Allah, ketundukan atas perintah-Nya, penerimaan terhadap segala syariat-Nya, seraya meninggalkan keinginan untuk makan, minum, dan bersetubuh demi menggapai ridha-Nya.

Ibadah puasa membuktikan kemenangan seorang muslim melawan hawa nafsunya, juga keunggulan seorang mukmin melawan dirinya sendiri. Puasa itu sebagian dari kesabaran. Barangsiapa yang tidak melakukan puasa tanpa alasan syar'i (yang dibenarkan oleh agama), maka dirinya tak akan mampu menahan dan menundukkan hawa nafsunya.

Puasa merupakan sarana untuk melatih jiwa yang sangat mengagumkan, sehingga seseorang akan senantiasa dalam kesiapan yang sempurna ketika menghadapi kenestapaan hidup, dan siap melakukan perkara-perkara agung seperti jihad, berkorban, dan berdiri tegak di barisan pertama dalam membela Islam. Karena itulah, ketika Thalut bermaksud memerangi musuh-musuhnya, Allah menguji pasukan Thalut dengan air sungai, di mana Thalut berkata kepada pasukannya,

Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: ‘Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya, bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka ia adalah pengikutku.’ Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: ‘Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya.’ Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata: ‘Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar’." (Al-Baqarah [2] :249)

Yang menang dan yang berhasil dalam ujian itu adalah para pemilik kesabaran dan orang-orang yang mampu menundukkan hawa nafsunya. Sedangkan para penyembah syahwat yang lumpuh dan menuruti ajakan nafsu buruknya akan berpaling dari peperangan mulia itu.

Kiranya sebagian dari hikmah puasa ini dalam kami rangkum sebagaimana berikut:
  • Puasa dapat Meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. dan kepatuhan terhadap perintah-Nya.
  • Puasa dapat menundukkan hawa nafsu, dan pengendalian diri.
  • Puasa sebagai sarana persiapan bagi seorang muslim untuk menghadapi medan-medan pengorbanan.
  • Puasa sebagai sarana latihan untuk seluruh anggota badan.
  • Puasa mampu menahan gejolak syahwat.
  • puasa dapat menyehatkan badan.
  • Puasa sebagai penghapus segala dosa dan keburukan.
Puasa dapat menumbuhkan keakraban dan persaudaraan, serta menumbuhkan kesadaran agar turut merasakan perihnya perut di kala lapar sebagaimana yang dirasakan oleh orang-orang yang kelaparan dan hidup serba kekurangan.

*sumber : http://www.kursusbahasaarab.net

14 August 2009

hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir

2 Hari yang lalu, sahabat karib (ade) saya yang di postingan lalu saya infokan hamil mengalami sedikit gangguan pada kehamilannya. Ade mengalami flek, sehingga harus diberikan penanganan segera. Kebetulan saya ikut menemani nya check-up ke dokter, tentu saja beserta suami nya. Alhamdulillah, kandungannya masih baik-baik aja. Hanya saja harus bed rest untuk beberapa hari kedepan. Mudah-mudahan baik babi inside and ibu nya akan segera baik-baik saja, dan dilancarkan sampe waktu nya nanti, amin.

Dari peristiwa tersebut saya langsung bercermin pada diri saya sendiri, sampai ketika suami ade (candi) menebus obat yang harganya tidak murah pun saya hampir menitik kan air mata. Betapa selama tri semester pertama kehamilan saya kemaren betapa Allah melindungi saya dengan calon bayi kami (semoga Allah sll melindungi proses kehamilan ini sampai dengan waktunya baby inside melihat dunia, amin). Saya ajak "si calon bayi" bekerja sampai malam dikantor, stress, berdiri di bus dr pondok pinang - depok, kadang saya suka telat makan, jalan sesuka nya dan lupa kalo saya sedang hamil. Alhamdulillah Ya Allah....hamba menyadari betapa kau sayang pada hamba. Betapa kau memang memberikan cobaan, yang selalu disanggupi hambanya.

hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir

Betapa nikmat yang hamba rasakan terasa nikmat Ya Rabb. Membuat hamba betul-betul menghargai kehamilan ini, alhamdulillah....alhamdulillah, alhamdulillah.

Bukan berarti semasa kehamilan saya selama tri semester pertama kemaren lancar-lancar saja. Saya diberikan cobaan melalui perasaan saya yang kemudian menjadi sensitif, yang merasa yankuw rasanya tidak perhatian seperti suami-suami lainnya. Padahal kalau dilihat kebelakang memang yankuw seperti itu, perhatian dengan gaya nya, dengan tidak membiarkan saya manja. Tiap kali saya ngerasa kecewa dengan sikap yankuw yang kaya gitu, tiap kali itu juga saya selalu berdoa supaya dikasih ikhlas dan sabar. Dan mohon dibantu diberikan pengertian terhadap diri saya bahwa sesungguhnya yankuw gak bermaksud tak perhatian.

Lalu ada lagi ujian dari kantor, betapa banyak yang harus dilakukan penyesuaian dengan sesama teman. Alhamdulillah saya meminta ikhlas dan semua pun lancar sampai akhir. Insyaallah sekarang semua salah sudah termaafkan.

Begitupun dalam kehidupan rumah tangga kami yang baru seumur jagung. Begitu banyak perdebatan yang terjadi, penyesuaian, kekerasan hati antara kamu. Alhamdulillah ketika hal itu terjadi, kami selalu kembali pada-MU ya Rabb, meminta kekerasan hati ini dicairkan, minta kesabaran, keikhlasan....alhamdulillah es yang membeku diantara kami tak berlangsung lama.

hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir

Dan kini diusia kehamilan ku yang masuk 4 bulan ini, saya akan tetap berpasrah pada-Nya. Tak lupa selalu berdoa agar calon bayi kami ini kelak dijadikan anak yang soleh/soleha, dijadikan penenang untuk orangtua nya kelak, dan doa yang bagus-bagus standar keinginan para calon orangtua lainnya. Hamba selalu juga berdoa agar dijinkan menjadi orangtua yang membesarkan calon bayi kami ini kelak, amin.

Hamba percaya Ya Rabb, Kau akan berikan hamba yang terbaik. Hamba berusaha, hamba menjaga kehamilan ini.....Ijinkan Hamba menjadi orangtua ya Rabb.....amin.

10 August 2009

meet my baby for the 1st time....

Alhamdulillah....wiken kemaren, mulai konsul ke Hermina deket rumah (sebelum nya konsul gratisan sama Bidan Ita aka ade ipar sendiri, dan akan terus konsul kesana sampe due date). Kenapa akhirnya di hermina, karena akhirnya dapet referensi dokter yang dari tante Iing, mudah-mudahan ini adalah dokter yang terbaik buat baby inside, amin. Kemaren juga pertemuan pertama si calon Unda ini dengan baby inside....alhamdulillah semua normal, dan baik-baik aja. Mudah-mudahan akan tetap begitu sampe due date.

Liat baby inside untuk pertama kali nya bener-bener excited (sengaja gak di print out, nnt ajah heheh), bagaimana tidak biasanya liat hasil usg orang lain, atau liat di TV skr bener-bener saya yang tiduran di tempat itu....bener-bener ngeliat gimana tangan mungil itu, kaki mungil itu......SUBHANALLAH. Minggu ini masuk ke 18 minggu, berarti udah 4 bulan lebih. Sebenernya gak ada bedanya masukan-masukan dari Ita atau Dr Nining. Cuma ada sensasi yang dirasain saat saya liat baby inside didalam sana. Biar bisa bayangin dia (baby inside), kalo lagi diajak ngobrol dirumah. Plus saya pengen make sure aja semua perkembangannya baik-baik aja, abis banyak yang nakut-nakutin "hati-hati sama tokso" secara saya pelihara kucing.

"Lindungi selalu Hamba dan Baby inside Ya Rabb.....beri kami selalu kesehatan, ijinkan hamba menjadi seorang ibu, amin"

Jadi bukan karena PRESTISE saya mau ke RS Ibu dan Anak, semata-mata hanya ingin mencari ketenangan untuk saya, walaupun sesungguhnya saya sll mencari ketenangan hanya kepada-NYA.

Oh iya, temen bumil ku bertambah....ade sahabat deket yang kemaren baru aja nikah sebulan yang lalu, juga alhamdulillah akan segera jadi ibu juga loh. Kehamilannya masuk 2 minggu kalo gak salah. Mudah-mudahan semua lancar buat qta ya de....amin.

04 August 2009

Never give up

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa

song by: d'Massive

____________________________

Ya Rabb, kadang aku lupa beribadah,
Tapi KAU selalu mengabulkan doa-doa ku
Kadang terbersit prasangka buruk pada MU
Alhamdulillah hal tersebut tak pernah terjadi

Bantu aku untuk tak pernah menyerah
Untuk selalu percaya KAU kan berikan ku
Sesuatu yang terbaik...
Terbaik untukku di masa depan

01 August 2009

Hai...

Long time no see u my blog. Yeah finally i have much time to chat and share with you now.
Setelah 2 bulan belakangan ini sya sibuk sekali karena (alhamdulillah) diajak bergabung menangani suatu projek yang lumayan (ini adalah projek 1 saya sebagai tim inti) menguras waktu dan tenaga di konsultan itu tu. Alhamdulillah semua berjalan lancar, walaupun dilapangan banyak sekali yang memang harus saya pelajari lebih banyak lagi. Kemaren adalah hari terakhir saya jadi kontraktor (alias karyawan kontrak, hehehe), g sempet pamitan sama PM (Mba Indri) karena kebetulan beliau jg sedang cuti. Banyak-banyak makasih banget udah dikasih kesempatan belajar, suatu pelajaran yang tak ternilai.

Selanjutnya rencana saya kembali jadi "simatupang" alias siang malam tunggu panggilan lagi. Yah, saya memang belum berusaha mendapatkan pekerjaan lain lagi untuk sementara waktu. Lebih konsen untuk freelance aja dulu kali yah. Kenapa....?? Karena saya diberikan suatu rezeki yang tak terduga dan berharga. Ketika saya mulai ditawari kontrak di perusahaan itu, saya mendapati diri saya + hamil, ya....hamil, ALHAMDULILLAH.....

Alhamdulillah juga kehamilan saya tidak menyusahkan, hanya sekedar mual dan pusing plus pegel-pegel, tidak disertai dengan muntah sampe mengeluarkan isi perut, paling yah napsu makan agak menurun aja, males banget makan nasi 3 bulan kemaren.

"Apa 3 bulan kemaren, berarti skr berapa bulan?"

Sekarang saya masuk 4 bulan, alhamdulillah. Doakan selalu sehat yah dan lancar sampai due date nanti yah. Perut sudah mulai membuncit, makan udah mulai lancar....target selanjut nya akan membawa berat badan ini naik secara normal (1 bln = 0,5-1 kg). Bagaimana gak stress dalam 3 bulan kemaren, berat badan saya baru naik 1 kg. Tapi orang-orang yang lebih berpengalaman termasuk bidan (alias ade ipar saya) tempat saya konsul bilang gak usah khawatir, cuma tetep aja si bumil ini tetep worried.

Mulai bulan ini saya akan mulai konsul ke dokter nih, mau mulai di usg....melihat perkembangan baby ku dr 4 bulan, mudah-mudahan sehat seperti perasaanku, amin. Pilihan ku akhirnya jatuh ke RS Hermina (insyaallah kesana), mudah-mudahan dapet dokter yang gak matre yah. Doakan selalu rezeki kami dilancarkan, semoga kelak semua kebutuhan baby terpenuhi, amin.

*note: baca status FB nya candy (suami nya ade) kayanya sahabat ku yg kemaren nikah bulan juli kemaren udah hamil deh, hehehehe*
btw today is my Father birthday, HAPPY MILAD PA, SEMOGA ALLAH SELALU MELINDUNGI DAN MEMBERIKAN RAHMAT NYA.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...