Golput....Bolehkah...???

Issue bahwa tahun ini akan banyak masyarakat yang akan menjadi golput sangat besar kemungkinannya dibanding dengan pemilu tahun 2004. Aura Golput begitu kerasa, dengan banyaknya masyarakat yang masih kebingungan dengan sistem baru dari COBLOS menjadi CONTRENG, dan tentu saja dengan banyaknya lembar-lembar yang harus di contreng dan banyaknya calon wakil rakyat yang harus dipilih dan tidak dikenal tentu saja semakin membuat bingung. Mereka bingung maka begitu juga saya.

Issue Golput ini bisa juga disebabkan dengan kekecewaan masyarakat, yang mana sudah merasa kalaupun di contreng gak akan memberikan keuntungan buat mereka. Hmm apa iya begitu?? Ya bagi saya juga begitu, apalagi DPD....saya sendiri tidak merasakan hasil kerja dari para wakil rakyat kota Depok.

Lalu salahkah menjadi Golput....???

Bagi saya tidaklah salah, biar bagaimana pun itu adalah hak asasi manusia untuk menentukan pilihannya sendiri. Kalaupun MUI mengeluarkan fatwa bahwa golput itu haram, saya rasa juga belum bisa diikuti fatwa tersebut. Karena setelah MUI mengeluarkan fatwa tersebut beliau-beliau juga menghimbau agar pemerintah memilih para calon wakil rakyat yang benar-benar berkualitas. Tapi nyatanya fatwa dan syarat tersebut belom bisa direalisasikan. Jadi Golput masih tak masalah kan??

Tapi bagi yang Golput pu harus bisa menerima resikonya. Dengan memilih menjadi Golput, maka kita tidak memilih salah satu partai apa pun dari partai yang ada. Ketika salah satu partai menang dan sudah terpilih seorang presiden untuk kita dalam 5 tahun kedepan, saya rasa seorang Golput tidak berhak mengkritik pemerintahan tersebut. Karena toh itu bukan pilihannya juga, dan tidak memilih juga kan??? Jadi yang bisa dilakukan seorang Golput adalah SABAR DAN IKHLAS.

Jadi anda sendiri bisa menentukan, malam ini...mau golput atau menetukan pilihan di menit-menit terakhir. Lalu bagaimana dengan saya?? Hmm.....terus terang saya juga masih bingung untuk mencontreng hari esok. Pilihannya adalah contreng...enggak....contreng...enggak......???. Tetap kan tidak memberikan solusi apapun. Namun tetap dalam doa saya semoga Pesta demokrasi besok bisa berjalan dengan lancar, amin.

Jadi GOLPUT ATAU TIDAK....???

Labels: